Jambi setelah New Normal

Pandemi Corona, Siswa di Sarolangun Kerjakan Ujian dari Rumah

Ujian akhir semester tingkat SD dan SMP di Kabupaten Sarolangun sudah dimulai. Ujian itu berlangsung pada tanggal 15-20 Juni 2020.

Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Kenzi, seorang murid kelas 3 SD di Sarolangun mengerjakan ujian di rumah. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLAGUN - Ujian akhir semester tingkat SD dan SMP di Kabupaten Sarolangun sudah dimulai.

Ujian itu berlangsung pada tanggal 15-20 Juni 2020. Sesuai dengan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun Nomor: 420/0454/Disdikbud/V/2020 tanggal, 29 Mei 2020.

Adapun ujian dilakukan dengan mengerjakan soal di rumah siswa masing-masing.

Disamping itu, pihak sekolah mengarahkan guru supaya memberikan tugas ujian yang tidak memberikan peluang siswa untuk keluar rumah. Ini dimaksudkan untuk membuat nilai tambahan dari nilai harian yang ia peroleh pada masa pandemi Covid-19 ini.

BREAKING NEWS Apes, Belum Sempat Kencan dengan Wanita Pesanan, Pria Ini Diciduk Polisi di Depan

Harga Cabai Kembali Naik, Daftar Harga Sembako di Jambi 15 Juni 2020

Diduga Karena Dendam Lama, Dua Warga Desa di Merangin Terlibat Perkelahian, Polisi Diminta Bertindak

Kepala Dinas Pendidikan Sarolangun, Helmi mengatakan jika instruksi dari pusat pelaksanaan ujian dilakukan dengan cara daring (online).

Namun ia tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan yang tidak mungkin dilakukan secara online. Karenanya sebagian ujian di Sarolangun masih dilakukan secara manual.

"Kita tetap laksanakan ujian, tapi kita lakukan sesuai situasi dan kondisi. Misal kita lihat di pelosok, tidak semua siswa punya android (handpone), ini akan memberatkan siswa. Maka dari itu tetap kita lakukan dengan pengisian soal kertas," katanya, Senin (15/6).

Pengerjaan soal ujian ini dilakukan oleh siswa di rumahnya masing- masing.

Adapun cara memperoleh lembaran soal ini memang sudah ada kespeakatan pihak sekolah dengan orang tua siswa. Yang mana untuk meminimalisir tatap muka dalam pencegahan Covid-19 ini, soal ujian bisa didapat dengan cara orang tua mengambil soal di sekolah atau sekolah yang megantarkan ke rumah siswa tersebut.

"Sebelumnya sudah ada kesepakatan orang tua dan sekolah, ada yang mengambil di sekolah dan diantar oleh sekolah. Yang penting anak ujian di rumah," ujarnya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved