Sering Ada di Sekitar Rumah, 10 Tanaman Liar Ini Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan

Tidak semua tanaman liar tidak berguna. Ada juga tanaman liar yang bermanfaat sebagai obat.

Tribunnews.com
Ilalang 

TRIBUNJAMBI.COM - Tidak semua tanaman liar tidak berguna. Ada juga tanaman liar yang bermanfaat sebagai obat.

Berikut 10 Tanaman liar yang kaya akan manfaat dan berkhasiat sebagai obat, dirangkum dari Tribunstyle melalui Mitalom.com.

1. Andong

Andong
Andong (Tribunnews.com)

Tanaman ini memiliki beberapa nama daerah, misalnya hanjuang (Sunda), andong (Jawa), penjuang (Dayak), kayu urip (Madura), endong (Bali) dan lain sebagainya. Tanaman andong memiliki rasa manis, hambar dan bersifat menyejukkan. Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, bunga, akar dan seluruh bagian tanaman.

Kandungan dan Khasiat Tanaman ANDONG

Tumbuhan andong diketahui memiliki manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan. Kandungan kimia dari tumbuhan ini belum banyak diketahui. Namun tumbuhan ini telah banyak digunakan dan terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit, antara lain menghentikan pendarahan, menyejukkan darah dan mengatasi bengkak karena memar (antiswelling).

Manfaat lainnya dari tumbuhan ini adalah untuk mengatasi kencing berdarah, mencegah keguguran, wasir berdarah, nyeri lambung, nyeri ulu hati, tuberkolosis (TBC), mengatasi terlambat haid.

2. Bandotan

Bandotan
Bandotan (Tribunnews.com)

Bandotan adalah tumbuhan liar atau gulma yang memiliki beberapa sebutan daerah, misalnya bandotan (Melayu), dus-bedusan (Madura) dan babandotan leutik (Sunda).

Bagian dari tanaman ini yang berkhasiat sebagai obat adalah daun dan batang muda.

Halaman
1234
Editor: budi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved