Breaking News:

Waspada, Sudah 10 Orang di Tanjung Jabung Barat Meninggal karena HIV

10 orang warga Kabupaten Tanjung Jabung Barat dinyatakan meninggal karena mengidap HIV AIDS.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - 10 orang warga Kabupaten Tanjung Jabung Barat dinyatakan meninggal karena mengidap HIV AIDS. Hal ini diungkapkan Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PM) Dinas Kesehatan Tanjabbar, Ermayanti melalui bagian pengelola program HIV, Yundri.

"Ada juga yang meninggal, di tahun 2018 ada 5 orang, kemudian di tahun 2019 ada lima orang. Jadi itu mereka sudah dalam keadaan aids, dalam waktu dua atau tiga bulan tidak tertolong lagi," ujarnya.

Diungkapkan Yundri, orang-orang yang berpotensi terkena HIV adalah kalangan remaja dan ibu hamil. Penindakan yang dilakukan sebagai pencegahan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar yaitu dengan melakukan mobile VCT.

Tahun Ini Sudah 5 Kasus HIV Ditemukan di Tanjabbar, Satu di Antaranya Ibu Hamil

Inilah Sosok Rizky Irmansyah, Ajudan Ganteng Menhan Prabowo yang Bantu Rizal Bocah Korban Bully

Sementara itu, terhadap ibu hamil dilakukan screening sejak awal kehamilan. Bahkan jika memang sang ibu mengidap HIV maka proses lahiran dilakukan dengan cara sesar.

"Sampai dengan sembilan bulan setelah kelahiran pun, anak ini kita pantau dan kita screening, untuk pencegahan HIV dari ibu ke anak,"terangnya

Sementara itu, ada beberapa orang yang berisiko terkena HIV, pihaknya dalam satu tahun melakukan pengecekan VCT kepada orang yang memiliki faktor resiko, misalnya di lapas atau bahkan di tempat lokalisasi.

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved