Breaking News:

Berita Nasional

Bagi PNS yang Masih Nekat Mudik, Ini Tiga Kategori Sanksinya, Mulai dari Ringan Sampai Berat

sejak awal April 2020 telah menyebutkan ada larangan mudik bagi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil ( PNS).

TRIBUNJAMBI/HANIF
Ilustrasi. Pemudik yang melintas di Jembatan Aurduri, Kota Jambi, Sabtu (26/7) 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), sejak awal April 2020 telah menyebutkan ada larangan mudik bagi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil ( PNS).

Hal itu tertuang dalam surat edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 46 atau 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan atau Kegiatan Mudik dan atau Cuti Bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Covid-19.

Pada Minggu (26/4/2020), Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan aturan mengenai sanksi bagi ASN/PNS yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau kegiatan mudik selama masa pandemi virus corona.

Surat edaran itu adalah surat edaran (SE) Nomor 11/SE/IV/2020 tentang pedoman penjatuhan hukuman disiplin bagi aparatur sipil negara ( ASN) yang lakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik pada masa Covid-19.

Pemerintah Tak Main Main! Denda Rp 100 Juta dan Penjara 1 Tahun Warga Mudik Lebaran Mulai 7 Mei 2020

LINK Live Streaming Belajar dari Rumah TVRI Mulai 08.00 WIB Soal Materi untuk SD SMP SMA Hari Ini

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan, seluruh PPK instansi pusat dan daerah diminta untuk melakukan pemantauan atau pengawasan aktivitas ASN.

Aktivitas itu khususnya terkait dengan pergerakan atau kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik.

Dalam SE itu, ada 3 kategori PNS yang bisa mendapatkan sanksi ringan hingga sedang terkait larangan mudik ini. Tiga kategori ASN yang akan mendapatkan sanksi adalah:

Ilustrasi mudik. Aktivitas bus dan penumpang sewaktu mudik tahun 2019 lalu
Ilustrasi mudik. Aktivitas bus dan penumpang sewaktu mudik tahun 2019 lalu (Tribunjambi/Mareza)

Kategori I

ASN yang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik terhitung mulai tanggal 30 Maret 2020 atau saat diterbitkannya Surat Edaran Menpan-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik bagi Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

- Sanksi yang dijatuhkan adalah hukuman disiplin tingkat ringan

Halaman
123
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved