Amankan 2 Kg Ganja di Jakarta & Bandung, Jaringan Narkotika Sumatera-Jawa Dikendalikan dari Jambi

Dalam penelusuran jaringan narkotika Sumatera-Jawa, terungkap dua paket narkotika jenis Ganja yang telah berhasil di kirim ke wilayah Pulau Jawa.

Tribunjambi/Aryo
Satresnarkoba Polresta Jambi ungkap dalang narkotika jenis ganja 25,8 Kg yang diamankan pada Sabtu 11 April 2020, sekira pukul 15.30 wib lalu. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Satresnarkoba Polresta Jambi, berkordinasi dengan Polres Metro Jakarta Barat dan Polresta Bandung, melakukan pengembangan dalam kasus narkotika jenis Ganja.

Dalam penelusuran jaringan narkotika Sumatera-Jawa, terungkap dua paket narkotika jenis Ganja yang telah berhasil di kirim ke wilayah Pulau Jawa.

Berdasarkan informasi ]tersebut, Polres Metro Jaya dan Polresta Bandung berhasil mengamankan empat orang pembeli beserta dua paket barang bukti berupa narkotika jenis Ganja dengan berat 2 Kg.

Tidak Punya Uang Bayar Kontrakan, Siswa SMA Ini Nekat Menjadi Kurir Ganja

3 Kurir Ganja 25 Kg Ternyata Dikendalikan Napi Narkoba di Lapas Jambi

Kasatresnarkoba Polresta Jambi, AKP George Alexander Pakke, saat dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan hasil pengembangan dari tiga tersangka yang telah berhasil diamankan sebelumnya, tersangka telah melakukan pengiriman tiga paket Ganja dengan berat 3 Kg ke wilayah Pulau Jawa.

Diketahui jaringan tersebut di kontrol oleh oknum narapidana narkoba di Lapas Jambi, bernama Rio.

"Jadi, hasil kordinasi dengan pihak Polres Metro Jakarta Barat dan Polresta Bandung, kita dapati 3 Kg ganja sudah berhasil di kirim ke Pulau Jawa. Dan rekan kita di sana, atau kepolisian di sana berhasil mengamankan 4 orang pembeli dengan barang bukti 2 paket Ganja," kata George Jumat (24/04/2020) pagi.

5 Resep Takjil Manis Batalkan Puasa Ramadhan - Bubur Mutiara, Biji Salak, Kolak Pisang Kurma

10 Pebalap MotoGP Legendaris dari Masa ke Masa, Ingat Kecelakaan Dahsyat Mick Doohan 1999

Sedangkan satu paket Ganja lainnya, dengan berat 1 Kg, telah di kirim ke wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Jadi, dari tiga paket yang telah dikirim, 2 paket sudah diamankan bersama pembeli, sementara 1 paket yang dikirim ke wilayah Brebes, saat ini masih dalam proses pengejaran," bilang George.

Dalam pengungkapan kasus jaringan narkotika antar provinsi ini, kata George, tidak lepas dari kerja sama Satresnarkoba Polresta Jambi, dengan pihak Lapas Jambi.

Yang dimana, semua pergerakan pelaku di kontrol dan dibiayai sepenuhnya oleh Rio, yang merupakan narapidana narkoba di lapas di jambi.

"Ini tidak lepas dari kerja sama yang baik, antara Polresta Jambi dengan pihak Lapas Kelas II A Jambi, dimana  kita lebih dahulu mengamankan 3 tersangka dan melakukan pengembangan " terang George.

Sementara itu, akibat bisnis barang haram tersebut, tersangka yang berhasil diamankan Pasal  114 ayat 2 Jo Pasal 111 ayat 2 UU 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup.

Sementara untuk tersangka MR (16) yang masih dibawah umur, kata George, akan tetap di kenakan UU Narkotika.

"Untuk tersangka MR yang masih dibawah umur, tetap kita kenakan Undang-undang Narkotika, tapi dibantu dengan sistem peradilan anak," tutup George. (Tribunjambi.com/Aryo Tondang)

Penulis: Aryo Tondang
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved