Breaking News:

Virus Corona di Jambi

Pemkab Bungo Butuh Rp 179 Miliar untuk Tangani Pandemi Corona

Pemerintah Kabupaten Bungo akan berikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19. Penerima bantuan terdampak masih dalam pendataan.

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Darwin
Bupati Bungo Mashuri, menyebutkan pihaknya sedang melakukan pendataan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial yang dikucurkan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bungo. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pemerintah Kabupaten Bungo akan berikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19. Penerima bantuan terdampak masih dalam pendataan.

Mashuri selaku Bupati Bungo menyebutkan pihaknya sedang melakukan pendataan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial yang dikucurkan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bungo.

Pendaatan itu dimaksudkan Mashuri yang menginginkan tidak ada tumpang tindih data penerima bantuan.

Terkait jumlah anggaran yang direfocusing itu disampaikan Supriyadi selaku Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Bungo menyebutkan anggaran Covid-19 yang diperlukan oleh Pemkab Bungo sebesar Rp 179,1 Miliar.

Dua Hari Lakukan Rapid Test, Didapati 14 Warga Merangin Positif, Berkemungkinan Bisa Bertambah

VIDEO Viral Warga Kampung di Yogya Sambut Tenaga Medis yang Dikarantina Bak Pahlawan

Jumlah yang fantastis itu bahkan sudah dilaporkan ke Pemerintah Pusat lada 7 April 2020 lalu.

Disampaikannya, dari hasil pembahasan, kebutuhan penanganan Covid-19 Bungo sebesar Rp 179,1 Miliar.

"Angka kebutuhan inilah yang dilaporkan ke Kemendagri," ujarnya.

Disebutkannya, dari Rp 179,1 Miliar tersebut direncanakan untuk penanganan kesehatan Rp 34 Miliar. Kemudian untuk penanganan dampak ekonomi sebesar Rp 125,5 miliar, dan penyediaan jaring pengaman Sosial (Social Safety Net) Rp 4,4 Miliar. Kemudian dana untuk penanganan segera sebesar Rp15,1 Miliar.

"Itu kebutuhan yang kami rencanakan untuk penanganan Covid-19 Bungo. Bupati Bungo fokus terhadap penanganan ini. Terkait anggaran untuk penanganan segera (siaga bencana, red) yang sudah tersedia Rp 15,1 Miliar. Anggaran ini berasal dari belanja tidak terduga," katanya.

Supriyadi menjelaskan untuk kebutuhan sebesar Rp179,1 Miliar itu akan dibahas bersama DPRD Bungo dari mana anggarannya, yang merupakan langkah refocusing dan realokasi anggaran dari beberapa kegiatan.

Pemda Bungo berharap DPRD dapat mendukung untuk penanganan COVID-19 ini.

Ketika ditanya lebih lanjut berkenaan dana sebesar Rp15,1 miliar, Supriyadi menjelaskan bahwa dana tersebut untuk penanganan segera pada fase siaga darurat penanganan COVID-19 ini di beberapa OPD.

"Dana tersebut sudah ditransfer ke BPBD untuk digunakan bersama OPD terkait," pungkasnya. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved