Virus Corona Jambi

Ombudsman Jambi Desak Gugus Tugas Covid-19 Ungkap Riwayat Perjalanan Pasien Positif Virus Corona

Pemerintah telah mengumumkan ada satu orang pasien positif Covid-19 atau virus corona di Provinsi Jambi.

Ombudsman Jambi Desak Gugus Tugas Covid-19 Ungkap Riwayat Perjalanan Pasien Positif Virus Corona
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Ombudsman perwakilan Jambi, Jakfar Ahmad. 

Ombudsman Jambi Desak Gugus Tugas Covid-19 Ungkap Riwayat Perjalanan Pasien Positif Virus Corona

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah telah mengumumkan ada satu orang pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Jambi. Hingga kini riwayat perjalanan pasien itu belum terungkap ke publik.

Banyak yang khawatir, terutama di Kabupaten Tebo, bila pasien tersebut ternyata adalah pejabat yang baru saja bersama mereka.

Kekhawatiran makin besar manakala pada Rabu (25/3) dini hari, satu orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) meninggal dunia.

Pemerintah melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jambi pun belum mengumumkan seperti apa riwayat perjalanan ODP yang meninggal tersebut.

Menanggapi ketertutupan informasi pada kasus covid-19 di Jambi ini, Jafar Ahmad selaku Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi menyayangkan tindakan tersebut.

Menurutnya, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Jambi yang memiliki wewenang menjelaskan persoalan ini. Dia mengatakan sebaiknya memang sesegera mungkin menjelaskan perkembangan terbaru kasus ini.

"Salah satu yang amat penting adalah contact tracing, untuk memastikan publik mengetahui pihak mana saja yang diwaspadai ikut menjadi ODP, sehingga bisa menjaga interaksi yang sehat dengan mereka," jelasnya, Rabu (25/3/2020).

Riwayat perjalanan seseorang yang sudah dinyataakan telah terjangkit virus corona juga merupakan informasi publik.

Untuk itu, dia mendorong agar seluruh informasi yang dibutuhkan publik segera saja dirilis. Itu pernah diusulkan pada 27 Januari 2020 lalu, jauh sebelum kepanikan ini terjadi.

Halaman
12
Penulis: tribunjambi
Editor: suang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved