Berita Tanjab Timur

Meski Libur Karena Corona, Disdik Tanjabtim Pantau Belajar Mengajar Siswa Via Aplikasi Kemendikbud

Pembelajaran tersebut dilakukan jarak jauh oleh Dinas Pendidikan Tanjabtim dengan menggandeng portal aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud dan...

Tribunjambi/Abdullah Usman
Disdik Tanjabtim pantau proses belajar siswa via aplikasi Kemendikbud 

Meski Libur Karena Corona, Disdik Tanjabtim Pantau Belajar Mengajar Siswa Via Aplikasi Kemendikbud

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pemkab Tanjabtim memanfaatkan aplikasi Kemendikbud untuk tetap belajar di rumah meski tengah diliburkan.

Ada sebanyak 35 siswa SMP di Tanjabtim yaang mengikuti belajar Bahasa Inggris secara online dari rumah sebagai dampak dari penyebaran pandemi virus corona di Tanjab Timur.

Pembelajaran tersebut dilakukan jarak jauh oleh Dinas Pendidikan Tanjabtim dengan menggandeng portal aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud dan fasilitator daerah Tanoto Foundation.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Junaidi Rahmad, mengatakan penerapan pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari Dinas Pendidikan, guru maupun dari peserta didik sendiri.

Kasus Positif Covid-19 Bertambah Banyak, Inggris Umumkan Penutupan Menyeluruh atau Lockdown Negara

Pemkab Tanjabbar Bakal Gunakan Eks Puskesmas Tungkal untuk Ruang Isolasi Pasien Corona

Bantu Cegah Corona, PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Titik

"Di Tanjabtim misalnya, pembelajaran sistem daring ini nampak sangat diseriusi oleh pemerintah daerah tersebut," katanya, Selasa (24/3/2020).

Ia melanjutkan, uji coba ini ditandai dengan launching online bertajuk Tanjabtim Belajar untuk semua yang langsung diikuti sebanyak 35 siswa SMP yang ada di Tanjab Timur.

"Ini menindak lanjuti edaran Bupati terkait pencegahan Covid-19, siswa sekolah belajar dari rumah," ujarnya.

Oleh karena itu pihaknya terus mendorong dan memantau proses belajar mengajar siswa dan guru dari rumah dengan memaksimalkan media daring Rumah Belajar Kemendikbud.

"Saya minta juga kepada seluruh Tanoto Foundation untuk bersama membantu mensukseskan belajar dari rumah, belajar kapan saja, di mana saja dengan siapa saja," ujarnya lagi.

Sementara itu, Duta Rumah Belajar Jambi, Dona Yulia Sari mengatakan, program tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan materi secara langsung kepada siswa yang belajar di rumah.

"Rumah Belajar mendukung apa yang dilakukan Dinas Pendidikan Tanjabtim dengan menyediakan pembelajaran berkualitas, walaupun siswa belajar di rumah, namun tetap bisa belajar," ujar Dona.

Dirinya juga mengaku bersyukur dengan adanya fasilitator daerah Tanoto Foundation membuat banyak pilihan dalam menyediakan nara sumber pembelajaran yang berkualitas.

"Ke depan, saya akan buat jadwal per mata pelajaran secara berkelanjutan selama siswa masih belajar dari rumah," pungkasnya.

(Tribunjambi.com/ Abdullah Usman)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved