Citizen Journalism

Corona Covid-19 Menguji Alam Semesta

Jumlah kasus virus corona terus bertambah, dengan beberapa dilaporkan dalam kesembuhan, tapi tak sedikit yang meninggal dunia.

Istimewa
Nanda Herlambang, Kepala bidang PTKP HMI Cabang Jambi periode 2020-2021 

*oleh Nanda Herlambang

INDONESIA masih bergelut melawan virus corona hingga saat ini, sama dengan negara lain di dunia.

Jumlah kasus virus corona terus bertambah, dengan beberapa dilaporkan dalam kesembuhan, tapi tak sedikit yang meninggal dunia.

Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang gejalanya mirip flu.

Awalnya kasus virus corona disebut sebgai penyakit misterius, yang kemudian melumpuhkan Kota Wuhan China. Tragedi pada dimulai pada akhir 2019 itu terus berlanjut.

Penyebaran virus corona meluas ke seluruh dunia, bahkan di Indonesia warga yang sudah positif terkena covid-19 ada 450 jiwa dan meninggal dunia 49 jiwa (data Senin, 23 Maret 2020).

Pelatih Badminton Tunggal Putra Indonesia Dikabarkan jadi PDP Covid-19 Usai All England 2020

10 Foto Marilyn Monroe, Artis Legendaris yang Bikin Presiden Kesengsem, selalu Pakai Celana Ketat

Petualangan Asmara Marilyn Monroe dengan Pejabat Kalangan Atas, Misteri Kematiannya Tak Terungkap

Jika virus ini semakin meluas, dikhawatirkan akan mengakibatkan kelangkaan barang, seperti sembako dan alat kesehatan dibutuhkan saat ini, semisal masker, hand sanitizer dan cairan antiseptic.

Kondisi instabilitas ini hal yang wajar terjadi, mengingat masyarakat Indonesia belum memiliki persiapan memadai dalam menghadapi ancaman corona.

Kendati demikian, kita perlu berpikir jernih meskipun dalam situasi genting. Perlu adanya rencana strategis yang dipioneri pemerintah kemudian partisipasi aktif masyarakat dalam merespon situasi ini sehingga masyarakat bisa berpindah dari suasana ketakutan menuju harapan.

Pemerintah perlu menggandeng banyak stakeholder lintas kementerian maupun dengan sektor swasta, agar pesan yang disampaikan lebih kuat, bahkan mampu menyentuh entitas terkecil masyarakat di pelosok.

Halaman
123
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved