Advertorial

Cek Endra Lakukan Pembinaan Kepada Petani Demi Tingkatkan Kualitas Pertanian

Bupati Sarolangun yang juga Bakal Calon Gubernur Jambi H. Cek Endra melakukan pembinaan kepada para petani perkebunan sebagai upaya

Istimewa
Bupati Sarolangun yang juga Bakal Calon Gubernur Jambi H. Cek Endra melakukan pembinaan kepada para petani perkebunan sebagai upaya meningkatkan kualitas pertanian dan hasil produksi. 

Bupati Sarolangun yang juga Bakal Calon Gubernur Jambi H. Cek Endra melakukan pembinaan kepada para petani perkebunan sebagai upaya meningkatkan kualitas pertanian dan hasil produksi. Di bawah kendali Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), pelatihan dilakukan kepada semuan petani yang ada di Sarolangun.

Cek Endra menyatakan sebagai pemerintah harus mendorong dan mengajarkan kepada masyarakat bagaimana menjadi petani yang baik. Itu kata Cek Endra akan berdampak pada hasil dan kualitas pertanian.

"Pembinaan hanya mengajarkan dan memancing masyarakat agar bercocok tanam yang benar," kata Cek Endra.

Keinginan Cek Endra langsung direspon oleh dinas terkait. Kepala Dinas TPHPH. Sakwan mengatakan, perhatian Cek Endra untuk pengembangan perkebunan begitu besar. Sehingga program pembinaan yang dilakukan Dinas TPHP berjalan lancar.

Sakwan menyebutkan saat ini Dinas TPHP memiliki kebun percontohan yang dijadikan balai pelatihan bagi para petani. Kelompok tani yang sudah dibina bisa mengaplikasikan ilmunya pada setiap kebun yang mereka miliki.

"Atas persetujuan Pak Bupati (Cek Endra) luar biasa hasilnya. Bukan saja membina di kawasan Singkut, bahkan diluar program kebun percontohan ini juga dibina. Kelompok-kelompok dari kecamatan lain juga dibina," ungkap Sakwan.

Setelah dilakukan pembinaan, Sakwan menyampaikan hasilnya sangat memuaskan. Saat ini untuk cabai sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 50 persen. Target tahun depan bisa mencapai 70 persen. Petani yang dibina antara lain, petani jeruk, ikan, kelengkeng. Nantinya bakal ditambah dengan petani lainnya karena masih tersedianya lahan bagi pembinaan.

"Pemerintah membantu, nanti petani mengembangkan sendiri. Kami mengajak petani melakukan kegiatan usaha tani dengan baik, supaya produksi meningkat," ucap Sakwan. (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved