Satgas Saber Pungli Batanghari Soroti Dana Desa

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Batanghari, Kompol Soekamto, mengatakan Satgas Saber Pungli fokus menyasar penggunaan Dana Desa.

Tribunjambi/Rian Aidilfi
Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Batanghari, Kompol Soekamto, mengatakan Satgas Saber Pungli fokus menyasar penggunaan Dana Desa. 

Satgas Saber Pungli Batanghari Soroti Dana Desa

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Satgas Saber Pungli Batanghari mulai mengencangkan ikat pinggang untuk turun ke tengah masyarakat secara profesional.

Setiap pokja, kini mulai digembleng agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik, seperti Pokja Intelejen, Pencegahan dan Penindakan.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Batanghari, Kompol Soekamto, mengatakan Satgas Saber Pungli fokus menyasar penggunaan Dana Desa, agar tidak terjadi penyimpangan. Karena Dana Desa cukup banyak dan rawan penyimpangan.

Berebut Dukungan, Al Haris Diakui Memiliki Kedekatan dengan PKS

Seorang Satpam di Bungo Ditemukan Tewas di Dapur, Diduga Bunuh Diri

Cegah Penyebaran Virus Corona, Warga Sarolangun Diimbau Hindari Keramaian

Rabu (4/3) pagi, Satgas Saber Pungli melakukan rapat Pencanangan Zona Bebas Pungli 2020 di Kantor Inspektorat Batanghari.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Kepala Inspektorat, Mukhlis, Soekamto menyebut bahwa tahun ini Pemkab Batanghari ditetapkan sebagai zona bebas pungutan liar (Pungli).

Tak hanya itu, dalam rapat itu juga sekaligus untuk mendengar paparan dari pokja mengenai hambatan dan masalah yang dialami dalam bertugas. Pihak desa juga diundang dalam rapat tersebut, agar dana desa dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

"Satgas Saber Pungli akan menyasar desa dan semua tempat untuk menyosialisasikan, mendorong dan menyukseskan zona bebas pungli," katanya.

Selain dana desa, menurutnya, pungli juga rawan terjadi pada titik-titik yang dilalui angkutan batubara. Titik-titik tersebut akan menjadi perhatian jugs oleh satgas.

Dengan ditetapkannya Pemkab Batanghari sebagai zona bebas pungli pada tahun ini, menurut Soekamto hal tersebut menjadi tantangan khusus bagi Satgas Saber Pungli agar dapat mempertahankan mendorong dan menyukseskan zona bebas pungli.

"Kita juga sudah mapping tempat-tempat yang diduga rawan pungli. Kita sudah sampaikan juga kepada kepala OPD untuk antisipasi. Jangan setelah kita ditetapkan sebagai zona bebas pungli malah terjadi pungli," jelasnya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved