Breaking News:

Cegah Karhutla, Kapolres Tanjab Barat Dukung Pembuatan Sekat Kanal dan Embung

Guna mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan, AKBP Guntur Saputro, Kapolres Tanjab Barat galakkan pembuatan kanal di lahan gambut.

Tribunjambi/Darwin
AKBP Guntur Saputro, Kapolres Tanjab Barat meninjau pembuatan sekat kanal untuk membasahi lahan gambut. 

Cegah Karhutla, Kapolres Tanjab Barat Dukung Pembuatan Sekat Kanal dan Embung

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Guna mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan, AKBP Guntur Saputro, Kapolres Tanjab Barat galakkan pembuatan kanal di lahan gambut.

Sebagai tindak lanjut aksi pencegahan Karhutla di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan pembuatan sarana prasarana embung standar dan sekat kanal pada lahan gambut sebagai cadangan air oleh masyarakat dan perusahaan.

Dalam rangka kesiapannya, Kapolres melakuan pengecekan langsung ke lokasi di Desa Muntialo, Betara Kabupaten Tanjab Barat.

Bukan hanya itu, Kapolres juga menargetkan menjadi percontohan standarisasi embung serta sekat kanal.

Ini Penyebab Ratusan Peserta CPNS Batanghari Tak Lulus Tes SKD

Juarai Lomba ISPO Tingkat Nasional, Dua Siswa Asal Sarolangun Bakal Wakili Indonesia di Rumania

Maju di Pilkada Tanjab Barat, Amir Sakib Gandeng Ketua DPD II Golkar

"Guna mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat kita perlu membuat embung dan sekat kanal," ujarnya.

Embung di lahan gambut di perkebunan milik Budi Hartono. Embung air swadaya milik masyarakat berukuran 30 x 100 meter dengan kedalaman 3 meter. Ada juga Embung Desa Muntialo ukuran 30 x 40 meter dengan kedalaman 3 meter.

"Pembuatan sekat kanal atau drainase buatan sebagai bendungan atau cadangan air di musim kemarau di areal lahan gambut," ujarnya.

Adapun komposisi sekat kanal tersebut berisi tumpukan papan yang dibentuk tepat di bawah dataran air, kemudian di bawah tumpukan papan yang telah dibentuk tersebut tersimpan air dengan harapan saat musim kemarau cadangan air akan tetap ada.

Kapolres Tanjab Barat menyampaikan terima kasih kepada Budi Hartono atas dukungannya membuat embung swadaya dilokasi miliknya.

"Akan mensosialisasikan embung ini sebagai embung percontohan bagi perusahaan perkebunan lain sebagai langkah dan upaya pencegahan menghadapi karhutla," ujarnya.

Selain itu AKBP Guntur menyampaikan terimakasih kepada kepala desa beserta masyarakat yang sudah bekerja sama dengan baik bersama Polri dan Tni untuk membuat sekat kanal dan Pembuatan Embung desa.

Kapolres Tanjab Barat berharap kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Desa Muntialo untuk bersama-sama menjaga dan menyelamatkan lingkungan dengan langkah dan upah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Kita harus bersama sama menjaga dan menyelamatkan lingkungan demi anak cucu, masa depan bangsa," tandasnya. (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved