Berita Tanjab Timur

Ada 8 Tempat Sampah Disebar, Tanjab Timur Manfaatkan CSR PetroChina

DLH sedikitnya sediakan delapan tong tempat pembuangan sampah tersebar di beberapa titik, Minggu (23/2).

tribunjambi/abdullah usman
Guna atasi permasalahan sampah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), DLH sedikitnya sediakan delapan tong tempat pembuangan sampah tersebar di beberapa titik, Minggu (23/2/2020). 

Kini 8 Tempat Sampah Disebar, DLH Terus Gandeng PetroChina Melalui CSR

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Guna atasi permasalahan sampah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), DLH sedikitnya sediakan delapan tong tempat pembuangan sampah tersebar di beberapa titik, Minggu (23/2).

Delapan tong yang merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau bantuan dari pihak ketiga yaitu Petrochina tersebut, sedikit membantu memudahkan pemerintah dalam penampungan sampah. 

Kepala bidang pengolahan sampah dan limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjabtim Alfajri saat dikonfirmasi Tribunjambi.com di ruang kerjanya mengatakan, delapan tong TPS ini baru tersedia di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Sabak Barat dan Kecamatan Geragai.

Usulan pembangunan tong TPS ini telah dilakukan pada tahun 2019 lalu dan di tahun 2020 telah terealisasi, sedangkan di tahun 2020 ini pihak DLH kembali mengusulkan dua paket pengadaan berupa alat pengolahan sampah, tong kontainer sampah yang sifatnya dapat dipindah-pindahkan.

Februari Ini Ada Momen Langka, Banyak Burung Langka Dunia di Pantai Cemara Tanjab Timur

Penampakan Terkini Makam Ashraf Sinclair Suami Bunga Citra Lestari, Noah & BCL Lakukan Ini di Pusara

Warga Nipah Panjang I Patungan Lakukan Fogging, Lurah: Masyarakat Sengaja Mengumpulkan

"Keberadaan tong kontainer sampah ini sangat diperlukan, sebab bisa dipindah-pindahkan. Apalagi di Kabupaten Tanjabtim banyak pasar yang dibuka pada hari-hari tertentu, jadi kita bisa meletakkan tong kontainer sampah ini di lokasi pasar itu, seperti di pasar Senin, pasar Rabu atau pasar Kamis," jelasnya.

Untuk di tahun 2020 ini, pihak DLH berharap mendapatkan sebanyak 10 tong kontainer sampah dan 1 TPS3R dari bantuan CSR guna mengatasi persoalan sampah yang ada di Tanjabtim.

"Saat ini kesadaran masyarakat dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan di kabupaten kita ini. Percuma kalau banyak tong sampah yang sudah dibuat, tetapi masyarakatnya masih juga membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Permasalahan masyarakat di lapangan sendiri, masih kerap ditemukan masyarakat yang tidak mau memasukan sampah yang dibuangnya ke dalam TPS yang sudah tersedia, mereka sengaja melemparkan saja sampahnya di sekitar TPS yang tersedia dengan anggapan nantinya sampah miliknya tersebut akan dibersihkan oleh petugas kebersihan sewaktu memungut sampah di TPS itu. 

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved