Februari Ini Ada Momen Langka, Banyak Burung Langka Dunia di Pantai Cemara Tanjab Timur

Sejak bulan November hingga jelang penghujung Februari saat ini ribuan burung migran dari berbagai daerah masih terus memadati Pantai Cemara.

Februari Ini Ada Momen Langka, Banyak Burung Langka Dunia di Pantai Cemara Tanjab Timur
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Selama beberapa minggu ini, sekira 26.000 ekor burung migran dari belahan dunia berkumpul di kawasan Pantai Cemara, Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur, Jambi. 

Februari Ini Ada Momen Langka, Banyak Burung Langka Dunia di Pantai Cemara Tanjab Timur

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Sejak bulan November hingga jelang penghujung Februari saat ini ribuan burung migran dari berbagai daerah masih terus memadati Pantai Cemara, bahkan saat ini merupakan momen pas berkumpulnya burung langka yang jumlahnya hanya sekitar 20 ribuan di dunia.

Tidak kurang dari 72 jenis burung migran memadati Pantai Cemara. Dimana burung-burung tersebut terindikasi menjadi beberapa jenis diantaranya empat jenis burung air, 30 jenis burung hutan, dan 27 lainya jenis burung pantai ditambah 11 jenis lagi burung laut.

Dari puluhan jenis burung migran tersebut pada Februari hingga Maret nanti akan menjadi momen langka berkumpulnya para burung langka dunia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan burung trinil nordmann (tringa guttifer).

Dukungan Kurang, Abu Bakar Jamalia Akui Masih Banyak yang Belum Diinput

Anak Anggota Polisi Curi Pelek Mobil, Uang Digunakan untuk Beli Narkoba

Suka Melukis, Ternyata Cheryl Amabel Idolakan Vincent Van Gogh

Kepala Desa Pantai Cemara Syawal, saat dikonfirmasi Tribunjambi.com menuturkan, saat ini kondisi burung burung migran di Pantai Cemara tersebut jumlahnya masih ribuan.

"Namun memang burung-burung tersebut ada yang sudah mulai terbang namun ada pula yang baru datang, perkiraannya burung-burung ini akan silih berganti hingga April mendatang," ujar Kades.

Lanjut Kades, namun bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung burung langka dunia (trinil nordmann) yang populasi di dunianya saat ini hanya sekitar ratusan ekor saja dan berdasarkan presentase terbesar banyak ditemukan di sini.

Terkait akses menuju lokasi Pantai Cemara yang merupakan lokasi berkumpulnya burung tersebut, memang untuk kondisi saat ini memang sedikit repot. Pasalnya jalan menuju lokasi masih didominasi jalan tanah yang jika musim hujan seperti saat ini berlumpur.

"Kondisi cuaca juga saat ini lebih sering hujan, jadi jika memang mau ke lokasi saat ini bisa menggunakan sepeda motor namun motor khusus (trail) atau menempuh jalur air menggunakan speed boat," jelasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved