WIKIJAMBI: Manfaatkan Jahe Merah Jadi Serbuk Minuman Herbal, dari Artikel Internet Jadi Ladang Usaha

Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan

WIKIJAMBI: Manfaatkan Jahe Merah Jadi Serbuk Minuman Herbal, dari Artikel Internet Jadi Ladang Usaha
tribunjambi/samsul bahri
Haris merupakan warga Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi. Berbekal artikel di internet, kini buka usaha minuman serbuk jahe merah. 

WIKIJAMBI: Manfaatkan Jahe Merah Menjadi Serbuk Minuman Herbal, Berbekal Artikel di Internet Jadi Ladang Usaha

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk pengobatan herbal. Hal ini karena Jahe Merah memiliki kaya akan manfaat yang banyak.

Inilah yang mendasari dari Haris memanfaatkan tanaman jahe merah sebagai bahan untuk meracik sari jahe merah.

Haris merupakan warga Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.

Ia mulai memanfaatkan jahe merah sebagai bahan dasar untuk menjalankan usahanya membuat minuman herbal. Ia mengeluarkan produk berupa serbuk jahe merah yang diklaim memberikan manfaat untuk kesehatan.

"Awalnya itu ketika hujan, saya jalan-jalan, saya bingung tidak ada orang jualan karena hujan. Kemudian saya liat-liat di internet, muncul lah jahe merah yang manfaatnya banyak," sebutnya.

VIDEO: VIRAL Pengendara Motor Ngotot Tak Mau Distop Pria Berjaket Ojol, Pas Dibuka Langsung Kaget

WIKIJAMBI Miliki Tanah Subur, 80 Persen Kawasan Desa Suka Maju Jadi Lahan Perkebunan

WIKIJAMBI: Unggulnya Madu Lebah Pohon Akasia, Madu Zabak Tanjab Timur Siap Tembus Pasar Dunia

Dilanjutkannya, berbekal artikel dari internet tersebut, dirinya mulai menanam jahe merah di pekarangan rumahnya. Untuk satu kali proses pembuatan dirinya bisa menghabiskan lima kilogram jahe merah.

Haris merupakan warga Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi. Berbekal artikel di internet, kini buka usaha minuman serbuk jahe merah.
Haris merupakan warga Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi. Berbekal artikel di internet, kini buka usaha minuman serbuk jahe merah. (tribunjambi/samsul bahri)

Dalam proses pemasakan tidak hanya jahe merah, dirinya menambahkan kayu manis, gula aren, cengkeh dan cabe jawa. Ini ditambahkannya untuk memperkuat rasa dan manfaat dari rempah-rempah yang dicampur tersebut.

"Jadi awalnya kita bersihkan, kemudian di parut. Kita diamkan selama dua jam supaya ampasnya pisah dengan sarinya. Kemudian baru kita masak. Jadi itu perbandingannya 1 banding 1, untuk 1 kg Jahe Merah di tambah gula pasir tambah rempah," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: samsul
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved