WIKIJAMBI Miliki Tanah Subur, 80 Persen Kawasan Desa Suka Maju Jadi Lahan Perkebunan

Kepala Desa Suka Maju, Sutopo menyebutkan dalam sebulan, setidaknya 50 ton hasil dari perkebunan karet masyarakat Desa Suka Maju dijual ke Kota Jambi.

WIKIJAMBI Miliki Tanah Subur, 80 Persen Kawasan Desa Suka Maju Jadi Lahan Perkebunan
Tribunjambi/Samsul Bahri
Sutopo, Kades Suka Maju (kiri), Sri, Pemilik Kebun Durian, (Tengah), Surip, Sekdes Suka Maju (Kanan) meninjau lokasi kebun durian montong milik Sri. 

WIKIJAMBI Miliki Tanah Subur, 80 Persen Kawasan Desa Suka Maju Jadi Lahan Perkebunan

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Potensi Desa Suka Maju dari sektor perkebunan terbilang bagus, dengan luas lahan Desa Suka Maju 5.730 hektar, hampir 80 persennya dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit, karet dan buah-buahan.

Kepala Desa Suka Maju, Sutopo menyebutkan dalam satu bulan, setidaknya 50 ton hasil dari perkebunan karet masyarakat Desa Suka Maju dijual ke Kota Jambi. Sementara itu, untuk kelapa sawit diperkirakan sekitar 100 ton lebih.

Sutopo menyebutkan bahwa kondisi Desa Suka Maju memang terbilang cukup bagus untuk perkebunan. Namun, tidak hanya itu, beberapa tahun terakhir juga masyarakat sudah berinovasi dengan mengembangkan lahan yang ada sebagai tempat pemancingan.

"Untuk mayoritas di sini itu sawit dan karet lah, didukung juga dengan perkebunan-perkebunan seperti buah-buahan, kolam pemancingan juga ada," terangnya.

WIKIJAMBI Agro Wisata LaudatoSi di Mestong, Berburu Durian Montong Langsung dari Pohonnya

11 Partai Politik di Jambi Tak Bisa Cairkan Dana Parpol, Ternyata Ini Sebabnya, BPK Ikut Terkait

Begini Nasib Pengendara Mobil yang Mencekik Anggota Polantas, Tertunduk Lemas Usai Ditangkap

Pemanfaatkan lahan menjadi perkebunan buah-buahan dan pemancingan kata Sutopo sangat menjanjikan. Meski saat ini masih diperdayakan oleh masyarakat di luar Desa Suka Maju.

"Kita sebagai kades sangat mendukung, kita harapkan ada inovasi dari masyarakat Desa Suka Maju untuk dapat mengembangkan lahan yang ada sebagai potensi. Terlebih lagi kondisi lahan kita cukup subur, dan potensi ini yang harus kita gali," terangnya.

Selain potensi di sektor perkebunan, sektor kerajinan juga menyumbang potensi desa yang perlu dikembangkan dan dikenal masyarakat. Kerajinan resam dan rotan di Desa Suka Maju sudah dikenal masyarakat luar Jambi bahkan luar negeri.

"Perkembangan potensi-potensi di desa ini yang terus kita upayakan untuk lebih bisa dimanfaatkan untuk perekonomian desa ke depannya," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved