Berita Tanjab Timur

WIKIJAMBI: Unggulnya Madu Lebah Pohon Akasia, Madu Zabak Tanjab Timur Siap Tembus Pasar Dunia

Pembudidaya madu lebah di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjab Timur mulai dilirik dunia, berawal dari niat menyalurkan bakat

WIKIJAMBI: Unggulnya Madu Lebah Pohon Akasia, Madu Zabak Tanjab Timur Siap Tembus Pasar Dunia
tribunjambi/abdullah usman
Pembudidaya madu lebah di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjab Timur mulai dilirik dunia, berawal dari niat menyalurkan bakat hingga kini menghasilkan omset ratusan juta, Rabu (5/2/2020). 

JAMBIWIKI: Unggulnya Madu Lebah Pohon Akasia, Madu Zabak Tanjab Timur Siap Bersaing di Dunia

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Pembudidaya madu lebah di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjab Timur mulai dilirik dunia, berawal dari niat menyalurkan bakat hingga kini menghasilkan omset ratusan juta, Rabu (5/2).

Pembudidayaan lebah yang berada di Alamat Zona 5 Pelabi  Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjab Timur tersebut telah memiliki nama resmi yang mulai dilirik beberapa kalangan. 

Madu khas perkebunan akasia tersebut diberi nama "Madu Karya Zabak". Di mana pembudidayaan madu lebah tersebut berasal dari Pulau Jawa dan masuk ke Jambi sejak pertengahan tahun 2019 silam, dan pertama kali masuk ke wilayah Jambi bahkan sesumatera.

"Awalnya niat kita mengembangkan budidaya ini tidak lain untuk menunjang perekonomian dan membantu masyarakat bawah untuk menambah pundi Rupiah," ujar Dodi Wardoyo satu dari pembudidaya lebah

WIKIJAMBI Rahasia Mi Rebus Bawang Legendaris Warung Amuk, Ada Kompor yang Tak Pernah Mati

WIKIJAMBI Modifikasi Unik, Kini Parfum dari Kopi Kerinci Telah Tersebar ke Seluruh Indonesia

Lebih lanjut dikatakannya pula, secara geografis, pembudidayaan lebah madu ini sangat cocok berdekatan dengan kebun akasia milik WKS yang merupakan sumber makanan paling bagus bagi lebah sehingga madu yang dihasilkan juga lebih baik lagi. 

"Karena adanya simbiosis mutualisme antara lebah dan tanaman akasia, pihak WKS juga tidak keberatan dengan keberadaan lebah tersebut," jelasnya.

"Bahkan lebah yang dibudidaya dari hasil saripati pohon akasia sudah terkenal baik dan berkualitas tinggi," tambahnya.

Dikatakannya pula, dalam sekali panen bisa dalam satu kotak yang berisi 6 sampai 8 baris rumah lebah dapat menghasilkan  2,6 kilo - 3 kilo madu dengan hitungan persepuluh hari. Tentunya tergantung kondisi cuaca dan rezeki.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved