Kadis Dukcapil Kerinci Tak Kunjung Dilantik, Dewan Akan Gunakan Hak Angket

Kemendagri RI memberikan sanksi pemutusan jaringan internet di Dukcapil Kerinci karena belum dilantiknya Kadis Dukcapil.

Kadis Dukcapil Kerinci Tak Kunjung Dilantik, Dewan Akan Gunakan Hak Angket

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kemendagri RI memberikan sanksi pemutusan jaringan internet di Dukcapil Kerinci karena belum dilantiknya Kadis Dukcapil. Besarnya dampak terhadap pelayanan publik, DPRD Kerinci mewacanakan menggunakan hak angket.

Hal itu diakui oleh anggota DPRD Kerinci, Mensediar. Ia mengatakan, berdasarkan usulan beberapa fraksi agar Kadis Dukcapil definitif segera dilantik.

Mensediar menyebutkan, pihak DPRD Kerinci telah menyampaikan rekomendasi hasil hearing Komisi I dengan instansi terkait. Hasilnya merekomendasikan agar Kadis Dukcapil segera dilantik.

Jika tidak ditindaklanjuti tanpa alasan yang jelas, maka pihak DPRD Kerinci bisa saja membuat hak angket untuk mengetahui apa sebenarnya menjadi masalah.

Sempat Heboh Virus Corona di Jambi, Pasien RSUD Mattaher Akhirnya Pulang, Dokter Pastikan Hanya ISPA

Baru Naik Sebentar Harga Sawit Kembali Anjlok, Petani di Tanjab Timur Lesu

Harga Bawang dan Cabai Melonjak Naik, Daftar Harga Sembako di Kota Jambi 31 Januari 2020

"Dewan akan gunakan hak angket kalau Bupati tidak menindaklanjuti dan memproses masalah ini. Dampaknya sangat luar biasa, karena masyarakat yang berurusan di Dukcapil berhenti total," ungkapnya, Kamis (30/1 kemarin.

Terkait masalah teknis, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Bupati Kerinci.

"Proses sudah kita laksanakan, tapi sampai saat ini belum direspon kepala daerah. Pelayanan terganggu dalam satu pekan ini, maka bisa saja kita lakukan hak angket. Beberapa dewan juga telah sepakat," ujarnya.

Joni Efendi, Anggota Komisi I DPRD Kerinci mengatakan, bisa saja dewan menggunakan hak angket untuk mengetahui kenapa Kadis Dukcapil yang telah di SK kan oleh Mendagri ini belum juga dilantik.

"Kami di komisi, sudah hearing dengan Dukcapil. Setelah diteliti berkasnya, semua sudah terpenuhi. Seharusnya Bupati melantik dan melaksanakan perintah Mendagri," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved