Breaking News:

Honorer Akan Dihapus, Sekda Kota Jambi: Sebaiknya Langsung Diangkat Jadi PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo berencana menghapus tenaga honorer di seluruh instansi pemerintah,

Honorer Akan Dihapus, Sekda Kota Jambi: Sebaiknya Langsung Diangkat Jadi PPPK

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo berencana menghapus tenaga honorer di seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Rencana penghapusan ditargetkan rampung pada 2021.

Sekda Kota Jambi Budidaya mengatakan informasi yang dia ketahui pemerintah pusat akan menggantikan status honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Tapi kita belum tahu apa honorer ini langsung diangkat menjadi PPPK, atau harus melalui tahap seleksi lagi dengan kriteria tertentu,” ujarnya kepada Tribunjambi.com, Rabu (28/1).

Menurutnya peranan honorer saat ini sangat penting, karena saat ini jumlah ASN dengan golongan rendah tidak sebanyak dulu lagi. Karena beberapa tahun lalu sempat terjadi kebijakan beberapa daerah dilarang untuk menerima CPNS.

Honorer Mau Dihapus, Honorer di Kota Jambi Tuntut Pemerintah Beri Solusi

Pemerintah Berniat Hapus Honorer, Nasib Ribuan Honorer di Sarolangun Terancam

Rencana Penghapusan Honorer, Pemkab Tanjab Barat Akan Ikuti Putusan Pemerintah Pusat

“Jadi sekarang untuk tenaga administrasi di Kota Jambi memang sangat dibutuhkan terutama untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidik,” kata Budidaya.

Menurutnya untuk OPD yang paling banyak tenaga honorer diantaranya Dinas Pendidikan sebagai guru, TU, dan penjaga sekolah. Sementara OPD lainnya yakni seperti di Satpol PP Kota Jambi, Dinas Lingkungan Hidup sebagai petugas kebersihan, Dinas Perhubungan. Dikatakannya bahwa untuk jumlah honorer di Kota Jambi kurang lebih sekitar 3.000 jumlah honorer.

Dirinya berharap jika memang honorer akan dihapuskan oleh pemerintah pusat. Sebaiknya honorer ini langsung diangkat menjadi tenaga PPPK.

“Mengingat pengabdian mereka yang bahkan sudah mencapai puluhan tahun,” sebutnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved