Cegah Penyebaran Corona, Menhub Budi Karya Tutup Penerbangan dari dan ke Wuhan

Menhub Budi Karya Sumadi memaparkan upaya pencegahan masuknya virus corona melalui bandara dan pelabuhan

Cegah Penyebaran Corona, Menhub Budi Karya Tutup Penerbangan dari dan ke Wuhan
AFP/HECTOR RETAMAL
Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. Cegah Penyebaran Corona, Menhub Budi Karya Tutup Penerbangan dari dan ke Wuhan 

Cegah Penyebaran Corona, Menhub Budi Karya Tutup Penerbangan dari dan ke Wuhan

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Menhub Budi Karya Sumadi memaparkan upaya pencegahan masuknya virus Corona melalui bandara dan pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (28/1/2020).

Awalnya, pimpinan rapat Ketua Komisi V DPR Lasarus merespons pemaparan Menhub yang tidak menyinggung pencegahan masuknya virus corona di Indonesia.

"Pak menteri, mungkin pada kesempatan ini perlu disampaikan kepada kita semua terkait dengan upaya pencegahan virus Corona."

"Terkait dengan penanganan hal ini, mungkin perlu disampaikan juga di forum ini karena mungkin forum ini tepat juga untuk kita mendengarkan," kata Lasarus di Ruang Rapat Komisi V DPR, Senayan, Jakarta.

Merespons permintaan Lasarus, Menhub Budi langsung menjelaskan penanganan pencegahan virus corona di Indonesia.

Hasil Autopsi Mantan Istri Sule Bakal Diumumkan Tanggal Ini, Polisi: Masih di Analisis Sama Penyidik

VIDEO: Detik-detik Norjani Digigit King Kobra Saat Atraksi Hingga Tewas, Sempat Tertawa-tawa

Jelang Olimpiade Tokyo 2020 - PBSI Pilih Turnamen Untuk Seleksi Pebulu Tangkis Nasional

Budi menyatakan, pihaknya menutup penerbangan dari dan ke Wuhan guna mencegah masuknya virus mematikan ini mengacu pada hasil rapat bersama kementerian lainnya.

Namun, Menhub Budi tetap mengizinkan operator melakukan penerbangan ke kota-kota Cina lainnya.

"Berdasarkan pembahasan kami bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pariwisata maka status sampai hari ini dari seluruh Indonesia (penerbangan) ke Wuhan itu ditutup, sebaliknya juga dari Wuhan ke Indonesia ditutup," kata Budi.

"Menkes menyampaikan sejauh ini WHO belum memberikan suatu catatan atas kota-kota di luar Wuhan maka Kemenkes masih memberikan rekomendasi agar dilakukan koneksitas dengan kota-kota tersebut," imbuhnya.

Halaman
12
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved