Kondisi Pasien Diduga Virus Corona

VIDEO: Sampel Cairan Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Jambi Dikirim ke Kemenkes RI

Pihak RSUD Raden Mattaher Jambi telah mengirimkan sampel cairan tenggorokan (dahak) pasien ke Litbang Kementerian Kesehatan di Jakarta.

VIDEO: Sampel Cairan Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Jambi Dikirim ke Kemenkes RI

TRIBUNJAMBI.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Samsiran Halim menyatakan hasil pemeriksaan lanjutan pasien yang diduga terinfeksi Virus Corona apakah positif atau negatif akan ke luar sekitar dua pekan ke depan.

Pihak RSUD Raden Mattaher Jambi telah mengirimkan sampel cairan tenggorokan (dahak) pasien ke Litbang Kementerian Kesehatan di Jakarta, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

"Secara klinis hasil kita tidak mencurigai. Namun karena riwayat perjalanannya dia pernah ke Wuhan, kita waspada saja," Kata Samsiran yang juga sebagai Plt Dirut RSUD Raden Mattaher, saat Konferensi Pers, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, Dokter Medianto yang menangani pasien, menyatakan bahwa sebenarnya masa inkubasi pasien untuk dinyatakan positif terinfeksi virus Corona sudah lewat.

Gejala Virus Corona Mirip Serangan ISPA dan Flu, Dinkes Tanjabtim Perketat Pengasawan di Pelabuhan

RSUD Mattaher Jambi Isolasi Pasien Diduga Terjangkit Virus Corona, Kadinkes: Jangan Dekati Ruang Itu

Sebab hasil amnesi terakhir dari China pasien sampai ke Jambi tanggal 4 Januari 2019. Sudah melewati masa inkubasi 14 hari.

"Tapi untuk tindakan kewaspadaan kita lakukan isolasi. Kalau dari pemeriksaan kami dokter ahli paru kemungkinan hanya ISPA biasa," sebutnya.

Untuk kondisi terakhir pasien, dikatakan Medianto kondisinya sudah membaik. Dan jika kindisi klinisnya sudah normal akan dikeluarkan dari ruang isolasi.

"Kalau sudah membaik kondisi klinisnya kita akan pulangkan secepat mungkin," ujarnya.

Disinggung terkait adanya pemberitaan dari Kemenkes yang menyatakan bahwa pasien yang diduga terinfeksi virus Corona di Jambi negatif, dokter Median menyatakan bahwa itu di luar sepengetahuannya.

"Kita hanya melakukan perawatan dan pemeriksaan," ujarnya. (Video: Hanif Burhani)

Mahasiswa Indonesia Ini Tinggal di Sarang Wabah Virus Corona, Minta Pihak Terkait Segera Dievakuasi

Cerita Perawat Sampai Menangis Diludahi Pasien Penderita Corona: Jika Aku Mati, Kamu Juga Mati!

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved