Pencegahan Virus Corona Masuk Jambi

BREAKING NEWS Dinkes Tanjabtim Perketat Pengawasan di Pelabuhan, Antisipasi Virus Corona

Terkait wabah virus Corona yang menjadi perhatian pemerintah pusat maupun Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan sebut sejauh ini Tanjabtim masih aman.

BREAKING NEWS Dinkes Tanjabtim Perketat Pengawasan di Pelabuhan, Antisipasi Virus Corona
Tribunjambi/Abdullah Usman
Kabid P2TP2 Dinkes Tanjab Timur Jumiati. 

Gejala Virus Corona Mirip Serangan ISPA dan Flu, Dinas Kesehatan Tanjab Timur Perketat Pengasawan di Pelabuhan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Terkait wabah virus Corona yang menjadi perhatian pemerintah pusat maupun Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan sebut sejauh ini Tanjabtim masih aman. 

Heboh mewabahnya virus Corona tidak hanya menjadi kekhawatiran pemerintah pusat saja, Pemerintah Tanjabtim sendiri turut mewaspadai masuknya virus yang diduga berasal dari China tersebut.

Dikatakan Kabid P2TP2 Dinkes Tanjab Timur Jumiati, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk Tanjab Timur sendiri sejauh ini masih masuk kategori aman dari wabah virus Corona tersebut.

"Sejauh ini untuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum ada laporan terkait Virus Corona tersebut, kalo bisa jangan sampai ada," ujarnya, Senin (28/1).

Masa Inkubasi Virus Corona Telah Lewat, Alasan Dinkes Jambi Kirim Sampel Cairan Pasien ke Kemenkes

Sampel Dikirim ke Kemenkes, Hasil Lab Pasien Diduga Terinfeksi Corona di Jambi Keluar 2 Minggu Lagi

VIDEO: Situasi Terkini Kota Wuhan Sepi seperti Kota Mati karena Virus Corona

Dikatakannya pula, Virus Corona tersebut dapat diketahui dengan beberapa ciri. Diantaranya gejala virus tersebut hampir sama dengan gejala Ispa dan flu. Namun untuk dapat mengetahui perbedaannya tentu harus melalui cek laboratorium dan pemeriksaan lebih lanjut.

Dikatakannya pula, untuk antisipasi pihaknya kita bekerja sama dengan pihak kesehatan pelabuhan. Dimana mereka memiliki tugas untuk memeriksa penumpang yang baru saja datang untuk memeriksa ketika ada penumpang atau pendatang yang memiliki suhu tinggi saat mendarat atau berlabuh dari perjalanan jauh.

Dimana untuk tenaga kesehatan pelabuhan sendiri di Kabupaten Tanjabtim tersebar di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Sabak Timur dan Kecamatan Nipah Panjang. 

"Sejauh ini dari dua kecamatan tersebut belum ada laporan terkait virus Corona," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan surat edaran setiap puskesmas yang ada di Tanjabtim. Pihaknya juga sudah mendapatkan surat edaran resmi dari Kemenkes terkait menanggapi dan antisipasi virus tersebut.

Dirinya juga mengimbau untuk masyarakat yang baru pulang dari luar untuk memeriksakan kesehatan di puskesmas jika terjangkit demam atau flu meskipun hanya gejala ringan, agar dapat terdeteksi sejak dini.

"Untuk diketahui virus tersebut (corona) menular melalui pernafasan. Namun masyarakat diharapkan tetap tenang, dan tetap menjaga kebersihan dan pola hidup sehat," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved