Gegara Galian C Warga Siulak Deras Cemas, Banjir Bandang Kerap Menerjang Tiba-tiba

Berada di daerah perbukitan tidak menjamin wilayah Siulak Deras dan sekitarnya aman dari banjir.

Tribunjambi/Heru
Banjir bandang yang terjadi di siulak deras bebrepa hari yang lalu. 

Gegara Galian C Warga Siulak Deras Cemas, Banjir Bandang Kerap Menerjang Tiba-tiba

TRIBUNJAMBI.COM,KERINCI- Berada di daerah perbukitan tidak menjamin wilayah Siulak Deras dan sekitarnya aman dari banjir.

Hal ini terbukti dalam beberapa tahun belakangan ini setiap musim penghujan banjir bandang selalu merendam fasilitas jalan, bahkan masuk ke pemukiman warga.

Kondisi tersebut sangat dikeluhkan warga di wilayah sekitar Kecamatan Siulak Deras, Kabupaten Kerinci. Pasalnya, setiap hujan deras turun warga selalu cemas, lantaran selalu diterjang banjir. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu.

"Setiap hujan deras turun air disertai pasir dan tanah pasti turun dari wilayah perbukitan masuk ke desa kami," ungkap Samsir.

Menurut Sandi warga lainnya, banjir bandang diduga dampak dari keberadaan galian C yang ada di wilayah perbukitan Siulak Deras.

3 Mantan DPRD Jambi Bersaksi di Sidang Suap Ketok Palu, Jaksa Tanyakan Keterlibatan Paud Syakarin

Pemkab Sarolangun Akui Tak Sanggup, Warga Mandiangin Ancam Duduki PT AAS

Gejala Virus Corona Mirip Serangan ISPA dan Flu, Dinkes Tanjabtim Perketat Pengasawan di Pelabuhan

"Kita berharap Pemkab Kerinci dan aparat hukum bisa tegas dan menghentikan galian C tersebut. Jika punya izin harus dipelajari terlebih dahulu jangan keberadaannya memberikan dampak bagi masyarakat," tegasnya.

Diketahui beberapa wilayah di Kabupaten Kerinci marak galian C, terutama di wilayah Siulak Deras. Beberapa waktu lalu pihak terkait telah mengumpulkan para pengusaha galian C untuk memberikan arahan.

Pasalnya, banyak galian C yang ada di Kerinci tidak memiliki izin. Dalam rapat tersebut yang tidak memiliki izin untuk menghentikan aktivitasnya, namun hingga saat ini aktivitas terlarang tersebut masih berlangsung.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved