Pengelola Taman Rimba Jambi Berniat Datangkan Harimau Jantan dari Bukit Tinggi, Tukar dengan Tapir

Pihak pengelola Taman Rimba akan menambah koleksi satwa dengan mendatangkan harimau jantan dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Pengelola Taman Rimba Jambi Berniat Datangkan Harimau Jantan dari Bukit Tinggi, Tukar dengan Tapir
Tribunjambi/Zulkifli
Pengunjung Taman Rimba Jambi. 

Pengelola Taman Rimba Jambi Berniat Datangkan Harimau Jantan dari Bukit Tinggi, Tukar dengan Tapir

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kabar gembira bagi para pengunjung setia kebun binatang Taman Rimba Jambi, pihak pengelola akan menambah koleksi satwa dengan mendatangkan harimau jantan dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Harimau jantan itu akan dibarter dengan tapir betina yang ada di Taman Rimba Jambi.

Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Endang Purnawati mengatakan di tahun 2020 ini, pihaknya sedang mengusahakan pertukaran atau barter antara harimau jantan dari Bukit Tinggi dengan tapir betina di Taman Rimba Jambi.

"Kita sedang mengusahakan, karena ini berkaitan dengan BKSDA untuk segala macam izin yang akan dilakukan," kata dia, Senin (13/1).

Tanjab Timur Krisis Guru, Seratusan Guru PNS Pensiun Tahun Ini

Didemo LSM, Begini Tanggapan Dinas Pendidikan Muarojambi Soal Kekerasan di SD Pijoan

VIDEO: Detik-detik Petir Mengerikan di Erupsi Gunung Taal di Filipina, Ini Penjelasan Para Ahli

Diketahui, saat ini Taman Rimba Jambi hanya memiliki satu harimau betina pasca matinya harimau jantan tahun lalu. Sehingga harus diupayakan untuk mendatangkan harimau jantan.

Namun, itu semua harus berproses dan menunggu persetujuan dari Kementerian yang telah dianggarkan pada tahun 2020. "Kalau anggarannya sudah kita atur dan sudah kita ajukan, mudah-mudahan bisa langsung di ACC," tambahnya.

Dalam pertukaran satwa tersebut juga harus diperhatikan dari segi pola makan dan kebersihan kandang untuk hewan yang akan didatangkan tersebut. Kata Endang, untuk dana pertukaran tersebut juga diserahkan kepada Taman Rimba masing-masing untuk pembiayaan.

"Sekarang kita baru penjajakan dahulu ke Bukit Tinggi, karena kita adalah anggota Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia, harus ada prosedur yang harus dilakukan dengan bertahap," jelasnya.

Dalam hal ini, pertukaran satwa tersebut dilakukan dengan kebun binatang terdekat dari Provinsi Jambi. Tak hanya itu, pertukaran tersebut juga harus dipertimbangkan tingkat kelevelannya.

"Kalau kita hanya tapir yang bergengsi dan itu selevel dengan harimau," pungkasnya.

Saat ini Taman Rimba Jambi telah memiliki 350 satwa dari 5 spesies yang ada yakni reptil, primata, mamalia, aneka ternak dan unggas.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved