Belum Populer di Jambi, Homeschooling Masih Jadi Perdebatan

Beberapa orang tua sudah menerapkan homeschooling pada anaknya sejauh ini tidak mengalami kendala yang berarti.

Tribunjambi/Aldino
Dea Anisa Cinderakasih yang menerapkah homeschooling kepada kelima anaknya. 

Belum Populer di Jambi, Homeschooling Masih Jadi Perdebatan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Homeschooling memang belum populer di Jambi. Namun beberapa orang tua sudah menerapkan homeschooling pada anaknya sejauh ini tidak mengalami kendala yang berarti. Perdebatan justru terjadi di luar keluarga inti.

Seperti diakui Dea Anisa Cinderakasih yang menerapkah homeschooling kepada kelima anaknya. Menurutnya apa yang ia jalani adalah masalah cara pandang. Sekolah baginya adalah belajar yang bisa dilakukan dimana saja.

“Tidak semua orang bisa menerima konsep homeschooling ini. Untuk di Jambi itu ada komunitas homeshcooling Batanghari yang membantu para orang tua yang memutuskan anaknya untuk ikut homeschooling. Di sana bisa saling sharing tentang homeschooling,” ungkapnya.

Orang Tua Perlu Tahu, Ini Alasan Dea Memilih Homeschooling untuk Belajar Anak

Kemeriahan Puncak HUT Provinsi Jambi, Ada Nissa Sabyan Malam Ini

6 Kabupaten/Kota di Jambi Dapat Penghargaan KLA, Begini Komentar Lutpiah Soal Anak

Pengertian homeschooling secara umum adalah model pendidikan alternatif, atau proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah yang dilakukan orang tua, keluarga, dan lingkungan yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan dan proses pembelajarannya. Sehingga, anak dapat mengembangkan potensi sesuai dengan kemampuannya.

Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilakukan oleh orang tua.

Proses homeschooling memang berpusat di rumah. Tetapi, proses homeschooling umumnya tidak hanya mengambil lokasi di rumah. Para orang tua homeschooling dapat menggunakan sarana apa saja dan di mana saja untuk pendidikan homeschooling anaknya. (nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved