Tahun 2020 Gaji Guru Honorer di Tanjab Timur Batal Naik, Anggaran Kurang Rp3,6 Miliar

Ditengarai keterbatasan anggaran APBD rencana kenaikan gaji guru TK, PAUD, SD dan SMP di Tanjab Timur tahun 2020 batal dilakukan.

Tahun 2020 Gaji Guru Honorer di Tanjab Timur Batal Naik, Anggaran Kurang Rp3,6 Miliar
Tribunjambi/Abdullah Usman
Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim, Junaedi Rahmad. 

Tahun 2020 Gaji Guru Honorer di Tanjab Timur Batal Naik, Anggaran Kurang Rp3,6 Miliar

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK  - Ditengarai keterbatasan anggaran APBD rencana kenaikan gaji guru honorer TK, PAUD, SD dan SMP di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) tahun 2020 batal dilakukan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim, Junaedi Rahmad ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya,  Jumat (10/1). Ia mengakui jika gaji guru honor tahun 2020 ini masih sama dengan tahun 2019 lalu.

Dikatakannya pula, memang ada keluhan serta aspirasi sebelumnya dari para rekan-rekan guru honor meminta kenaikan gaji. Hal tersebut telah kita perjuangkan, namun keterbatasan anggaran kenaikan itu tidak bisa dilakukan. 

"Meski demikian, kami tetap akan memperjuangkan di APBD Perubahan. Rekan-rekan guru diharapkan untuk bersabar," ujarnya.

Sekda Bantah Pegawai Disdik Provinsi Jambi Terjaring OTT, Si A Sedang Sakit di Kerinci

Gerakan Polri Peduli Penghijauan, Polres Muarojambi Tanam 1.999 Batang Pohon

Maju di Pilkada Bungo, Dr Erick Resmi Daftar Cabup Hanura

Lebih lanjut dikatakannya pula, untuk tenaga guru honorer yang dibiayai oleh APBD dan Dana BOS di Tanjabtim sendiri sampai saat ini sekitar 900 orang. 

Dimana 900 orang tersebut terdiri dari guru honor di PAUD, TK, SD dan SMP. Jika dinilai dengan jumlah penghasilan untuk satu orang digaji sebesar Rp 500 ribu bagi guru PAUD, TK dan SD, sedangkan untuk guru honor SMP sebesar Rp 900 ribu. 

"Guru yang dibiayai oleh APBD di luar BOS ada sekitar 743 orang. Dan total dana APBD nya sebesar Rp 7 Miliar. Sedangkan sisanya guru honor dibayarkan oleh dana BOS," jelasnya.

"Jika gaji guru honor dinaikkan, maka kebutuhan anggaran yang diperuntukan gaji tenaga honor guru kekurangannya sebesar Rp3,6 miliar," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved