Komunitas Blogger Jambi, Bambang: Jangan Pikirkan Uangnya Dulu

Menulis dapat memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Seseorang yang hobi menulis biasanya menyalurkan perasaan dan pemikiran.

Komunitas Blogger Jambi, Bambang: Jangan Pikirkan Uangnya Dulu
ist
komunitas blogger Jambi. 

Komunitas Blogger Jambi, Bambang: Jangan Pikirkan Uangnya Dulu

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Menulis dapat memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Seseorang yang hobi menulis biasanya menyalurkan perasaan dan pemikiran melalui buku harian atau status sosial media. Namun akan lebih bermanfaat jika menyalurkan tulisan melalui blog.

Platform yang bisa digunakan siapa saja secara gratis ini menjadi pilihan bagi para penulis pemula untuk menyalurkan bakat menulisnya.

Di Jambi sekelompok orang yang suka nge-blog membentuk komunitas yang bernama komunitas blogger Jambi (KBJ). Terbentuk sejak 2010, komunitas ini memiliki banyak anggota di facebook.

Miliki Ratusan Anggota di Facebook, KBJ Sharing Tentang Dunia Blogger

Ratusan Orang Mendaki Gunung Kerinci Jelang Pergantian Tahun 2020, Hati-hati Hipotermia

Rebut Juara, 7 Kafilah MTQ Bungo Dapat Hadiah Berangkat Umrah

VIDEO: Pesawat Mengangkut 100 Penumpang Jatuh di Kazakhstan, 7 Orang Tewas

Ketua KBJ, Bambang mengatakan beberapa kendala blogger pemula adalah dalam pencarian konten menulis atau mencari ide. Bahkan ada blogger pemula yang justru lebih dulu memikirkan cara mendapatkan uang dari nge-blog, alih-alih membuat konten yang dibaca orang.

“Selain konten menulis yang harus dikuasai gimana caranya menaikan trafic. Kalau trafic naik pendapatan akan mengikuti. Sebelum itu harus perbanyak konten, makin banyak konten makin tinggi trafic. Kebanyakan blogger pemula terfokus di uang. Padahal ada proses yang harus dilewati dulu,” ungkapnya.

Ia mengatakan bagi blogger yang sudah konsisten dengan trafic tinggi dalam sebulan bisa menghasilkan Rp 5- 25 juta perbulan.

Mengenai penyebab blog tidak maju juga disebabkan idealisme dari penulis. Menurutnya ada dua tipe blogger, yang pertama adalah penulis dan kedua ada yang memang seorang blogger.

“Kalau penulis dia akan menulis apa yang dia ingin. Kalau bloger, dia menulis apa yang orang ingin baca. Kalau penulis itu akan sulit berkembang blognya. Orang belum tentu akan baca apa yang ia tulis. Tapi kalau bloger orang akan baca karena lebih besar peluangnya untuk dibaca,” jelasnya.

Menurutnya di KBJ anggotanya ditekankan untuk tahu pembacanya siapa. Anggota KBJ biasanya menulis tentang bisnis, teknologi, tutorial, lifestyle dan lain-lain. (nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved