Ratusan Orang Mendaki Gunung Kerinci Jelang Pergantian Tahun 2020, Hati-hati Hipotermia

Jelang pergantian tahun 2019 ke 2020, pendaki Gunung Kerinci mulai ramai. Dari 20 - 27 Desember 2019, sudah ratusan pengunjung melakukan pendakian.

Ratusan Orang Mendaki Gunung Kerinci Jelang Pergantian Tahun 2020, Hati-hati Hipotermia
ISTIMEWA
Gunung Kerinci 

Ratusan Orang Mendaki Gunung Kerinci Jelang Pergantian Tahun 2020, Hati-hati Hipotermia

TRIBUNJAMBI.COM,KERINCI - Jelang pergantian tahun 2019 ke 2020, pendaki Gunung Kerinci mulai ramai. Dari 20 - 27 Desember 2019, sudah ratusan pengunjung melakukan pendakian.

Gunung tertinggi di pulau Sumatera ini, memang menjadi langganan apa bila ada momen-momen besar setiap tahunnya. Di akhir tahun ini sejumlah pengunjung telah melakukan pendakian untuk merayakan tahun baru.

Pengunjung pendakian Gunung Kerinci didominasi pengunjung lokal. Namun ada juga dari kabupaten dan provinsi tetangga, bahkan ada juga pengunjung dari luar negeri.

Kepala Seksi Pengawasan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB TNKS) Wilayah I Kerinci, Nurhamidi dikonfirmasi mengatakan adapun data pengunjung dari tanggal 20 sampai 27 Desember 2019, jumlah pengunjung Danau Gunung 7 dan Gunung Kerinci sudah mencapai 1000an pengunjung.

Permudah Layanan Pekerja Migran Disnakertras Provinsi Jambi Bentuk LTSA-PMI di Kerinci

Bus Trans Siginjai Koridor II Kekurangan Halte, Dishub Jambi Siapkan Rp600 Juta

Reaksi Novel Baswedan Saat Polisi Sebut Motif 2 Pelaku Penyiraman Air Keras Padanya: Itu Aneh

"Untuk hari ini Sabtu 28/12/2019 pengunjung Gunung Kerinci yang naik sudah hampir mencapai 100 an orang," kata Nurhamidi.

Dia mengatakan jumlah ini akan terus bertambah. Sebab sangat banyak para wisatawan yang ingin merayakan pergantian tahun di Gunung Kerinci.

"Diprediksikan lonjakan pengunjung pendakian terjadi pada 30 Desember nanti," ungkapnya.

Nurhamidi meminta kepada para pendaki yang akan merayakan pergantian tahun di Gunung Kerinci untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh petugas jaga Gunung Kerinci dan TNKS.

"Silakan ikuti peraturan yang telah ada, karena kita tidak ingin terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan kepada pendaki. Tambahan bagi yang tidak tahan dengan cuaca dingin diharapkan untuk mempersiapkan kondisi badan yang prima dan pakai pakaian yang bisa menahan dingin," sebutnya.

Menurut Nurhamidi, pada 23/12/2019 yang lalu petugas jaga R10 di Gunung Kerinci bersama dengan TNKS telah mengevakuasi tiga pendaki yang mengalami hipotermia dan kecelakaan.

"Kemarin memang ada 3 pengunjung yang dievakuasi turun yakni Silvia pendaki asal Padang mengalami hipotermia dan terkilir, Heri Putra Jaya asal Jambi mengalami hipotermia dan
Rifkah Setiasih asal Palembang, terkilir dan kram," pungkasnya.

Sementara itu, petugas jaga R10 Gunung Kerinci, Dudung dikonfirmasi membenarkan adanya pendaki yang dievakuasi turun dari Gunung Kerinci, karena mengalami hipotermia dan kecelakaan.

"Ya benar, ada tiga pendaki yang dievakuasi turun, karena mengalami kedinginan dan terkilir," katanya singkat.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved