Kesbangpol Curigai Satu Kelompok di Tebo Anut Paham Radikalisme, Tertutup dan Tidak Punya Identitas

Kelompok tersebut dicurigai karena aktivitasnya tidak seperti masyarakat lainnya dan bahkan cenderung selalu tertutup.

Kesbangpol Curigai Satu Kelompok di Tebo Anut Paham Radikalisme, Tertutup dan Tidak Punya Identitas

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA TEBO - Pihak Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tebo terus memantau kelompok-kelompok yang diduga terpapar radikalisme. Kepala Kantor Kesbangpol Tebo, Erlynda mengatakan, hal itu dilakukan guna mengantisipasi munculnya paham-paham radikal di Kabupaten Tebo.

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan kelompok yang menganut paham radikal itu. Meski begitu, ada satu kelompok di sebuah kecamatan yang dicurigai. Namun, dia belum mau membeberkan tepat lokasi kelompok yang dicurigai radikal itu.

Walau demikian, Kesbangpol mengaku belum menemukan perbuatan yang menyimpang yang berkaitan dengan paham radikalisme dari kelompok tersebut.

1.000 Lebih Guru TK di Batanghari Tak Lulus Sertifikasi Guru, Mengaku Syarat Lulus Sulit

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tanjab Barat Gelar Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW Diamalkan di Malam Jumat

"Sejauh ini kami masih melakukan pemantauan satu kelompok di salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Tebo. Kelompok tersebut dicurigai karena aktivitasnya tidak seperti masyarakat lainnya dan bahkan cenderung selalu tertutup," terangnya, belum lama ini.

Dijelaskannya, mereka berkelompok dan seperti menjaga jarak dengan orang luar. Selain itu, mereka memilih tinggal cukup jauh dari lokasi pemukiman warga desa.

Kelompok yang dicurigai di Tebo ini, kata dia, memang berasal dari Provinsi tetangga, namun kelompok yang berjumlah puluhan ini tidak memiliki identitas yang jelas.

Erlynda membeberkan, kelompok yang dicurigai itu berasal dari Riau. Namun, mereka tidak memiliki identitas dari Provinsi Riau.

Diduga kelompok terpapar paham radikalisme ini, belum melakukan tindakan menyimpang di wilayah Kabupaten Tebo. Namun, pihaknya masih tetap melakukan pemantauan.

“Sejauh ini Kesbangpol Tebo memang masih dalam tahap mengawasi kelompok yang dicurigai terpapar radikalisme. Tapi kami imbau ke warga setempat atau masyarakat Tebo, kami sampaikan, apabila menemukan aktivitas kelompok yang mencurigakan agar melaporkan ke kami, untuk segera ditindaklanjuti,” tutupnya.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved