1.000 Lebih Guru TK di Batanghari Tak Lulus Sertifikasi Guru, Mengaku Syarat Lulus Sulit

Ada 1.100 guru yang aktif mengajar di 134 TK yang ada di Kabupaten Batanghari, namun hanya 45 orang yang lulus sertifikasi.

1.000 Lebih Guru TK di Batanghari Tak Lulus Sertifikasi Guru, Mengaku Syarat Lulus Sulit

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Penerima sertifikasi Guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Batanghari hingga tahun 2019 ini masih sangat minim.

Padahal ada 1.100 guru yang aktif mengajar di 134 TK yang ada di Kabupaten Batanghari. Ini disampaikan oleh Fhadil staf GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Kabupaten Batanghari.

"Hingga saat ini hanya ada 45 orang penerima sertifikasi guru TK yang tergabung dari PNS dan non PNS," ujarnya, Kamis (26/12).

Padahal kata dia banyak guru TK di Kabupaten Batanghari yang mengejar insentif ini.

Tapi kendalnya syarat untuk mendapatkan itu banyak tidak lengkap. Karena memang kriteria melengkapi itu tergantung individu masing-masing guru TK tersebut.

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tanjab Barat Gelar Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Berawal Dari Makan Timus Goreng, 11 Warga Tegal Keracunan, 2 Meninggal Dunia!

Penghujung Tahun, Puskesmas di Sarolangun Harus 24 Jam Stan by, Khusus di Pinggir Jalan Lintas

"Menguasai pembelajaran, nanti setelah masuk ke SIM PKB, PPG nanti jika layak akan dipanggil, tahun ini ada dua yang guru TK yang lulus untuk mengikuti PPG di Medan," ujarnya.

Sertifikasi untuk guru TK ini diberikan satu bulan gaji pokok, dan ada invasing atau kesetaraan. Ada juga sertifikasi berdasarkan golongan.

Terpisah guru TK yang enggan disebut namanya meminta agar syarat sertifikasi lebih dipermudah. Karena untuk melengkapi sesuai dengan yang diberlakukan, guru yang tua yang bertahun-tahun mengajarpun tak akan mendapat tunjangan sertifikasi ini.

"Kendalanya pada syarat lulus itu sulit. Padahal banyak guru yang lama tapi tidak lulus. Diharapkan PGTK PAUD dikmas untuk dapat mempermudah syarat lulusnya sertifikasi," pungksnya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved