10 Keluarga Dapat KK, PT LAJ Gandeng Disdukcapil Tebo Rekam Data e-KTP Warga Suku Anak Dalam

Selain itu, NIK akan dicantumkan dalam setiap dokumen kependudukan dan dijadikan dasar penerbitan KTP yang saat ini belum dimiliki SAD.

Tribun Jambi
Warga Suku Anak Dalam 

10 Keluarga Dapat KK, PT LAJ Gandeng Disdukcapil Tebo Rekam Data e-KTP Warga Suku Anak Dalam

TRIBUNJAMBI.COM - Perekaman data e-KTP untuk Suku Anak Dalam dilakukan PT Lestari Asri Jaya yang menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tebo.

Manajemen PT Lestari Asri Jaya dan PT Wanamukti Wisesa bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo, Jambi, telah melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kepada puluhan warga Suku Anak Dalam (SAD) di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Pendataan dan pendaftaran penduduk SAD tersebut bertujuan agar warga SAD mendapatkan pengakuan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berupa nomor induk kependudukan (NIK) yang berlaku seumur hidup.

Selain itu, NIK akan dicantumkan dalam setiap dokumen kependudukan dan dijadikan dasar penerbitan KTP yang saat ini belum dimiliki SAD.

Rahasia Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Bocor Karena Asisten Keceplosan, Rafathar Bakal Punya Adik

Ayu Ting Ting Ngaku Bosnya di ANTV Sering Memarahinya, Bunda Bilqis Sebut Pak Otis Itu Galak Banget

Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba secara turun temurun memiliki tradisi hidup nomaden di kawasan hutan atau dikenal dengan melangun (berpindah-pindah) dan mengandalkan hasil hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seiring dengan perubahan jaman, sebagian warga SAD telah membaur dengan warga lainnya dan mulai tinggal relatif menetap termasuk Kelompok Tumenggung Hasan dan Tumenggung Buyung di area izin PT LAJ, yang masuk dalam wilayah administratif Desa Semambu, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Perekaman data dimulai dengan input data oleh petugas dari formulir F1.01 yang menjadi dasar pencatatan kependudukan dalam anggota keluarga. Kemudian, pengambilan foto, sidik jari, iris mata, dan tanda tangan.

Dalam kegiatan tersebut berhasil didata sebanyak 10 kepala keluarga untuk diterbitkan kartu keluarganya dan 20 orang untuk penerbitan e-KTP. Selain itu, terdapat satu KK atas nama Buyung telah tercacat di Kabupaten Sarolangun.

Selanjutnya, tim Capil Tebo akan berkomunikasi dengan Tim Capil Sarolangun untuk menyelesaikan administrasi perpindahan penduduknya.

Halaman
12
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved