Kembangkan E-Silola, Ini Tujuan Pemkot Jambi

Pemkot Jambi mengembangkan Informasi Pengelolaan Data Persediaan Obat-Obatan (E-Silola).

Kembangkan E-Silola, Ini Tujuan Pemkot Jambi
Tribunjambi/Rohmayana
Pemkot Jambi mengembangkan Informasi Pengelolaan Data Persediaan Obat-Obatan (E-Silola). 

Kembangkan E-Silola, Ini Tujuan Pemkot Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Menjadi kota bertajuk Smart City, kini Kota Jambi terus berbenah dan melengkapi teknologi dan sitem informasi. Di mana saat ini telah berkembang semakin pesat, tak lain bertujuan untuk mempermudah sumber daya manusia dalam melakukan aktivitas dan pekerjaannya.

Menimbang hal inilah, Pemkot Jambi mengembangkan Informasi Pengelolaan Data Persediaan Obat-Obatan (E-Silola) yang berfungsi mempermudah dalam penyimpanan dan pengambilan data persediaan obat-obatan, Selasa (10/12).

Hal ini juga tak terlepas dari perkembangan teknologi yang hampir mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satu kelebihan dari sistem komputerisasi ialah mengahsilkan informasi secara relevan, tepat waktu dan akurat.

Lahan Pertanian di Kerinci Banyak Hilang, Dewan Sesalkan Perda PLP2B Tak Ditindaklanjuti

3 Tokoh Ambil Formulir, PAN Ingin Majukan Kader Murni di Pilwako Sungai Penuh

Blanko e-KTP Kosong hingga Akhir 2019, Dukcapil Kota Jambi Tunggu Kepastian Pusat

Diduga Korban Kecelakaan di Solok Selatan, Waryono Hanyut hingga ke Jujuhan Bungo

“Ini merupakan aplikasi berbasis website. Bertujuan untuk mengoptimalkan efektivitas pelaporan yang akuntabel. Ini juga komitmen pak wali kota terhadap visi Pemkot Jambi, yang harus berbasis teknologi,” beber Deki Subandi, selaku Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi.

Selain itu juga, dikemabngkannya E-Silola ini untuk meminimalisir kesalahan dalam penginputan kinerja secara manual.

“Memang selama ini yang kita lakukan secara manual, dan itu memboroskan waktu. Makanya itu perlu diadakan sistem informasi, pengembangan terhadap SDM juga perlu sebagai akselerasi Smart City,” timpalnya.

Sementara itu Asisten III Setda Pemkot Jambi, turut mengatakan hal yang sama. Katanya, penerapan sistem informasi yang terkomputerisasi sudah hampir digunakan dalam segala bidang, salah satunya adalah dalam pengelolaan data persediaan obat-obatan.

“Kalau kita lihat, pengelolaan data obat yang masih menggunakan buku atau secarik kertas. Hal terburuk adalah jika data tersebut hilang atau rusak sebelum dimasukkan ke dalam buku laporan,” sebutnya.

Maka dari itu, perlu dikembangkan E-Silola yang terkomputerisasi. Ini agar mempermudah dalam penyimpanan dan pengambilan data.

“Tentunya lebih efisien dan efektif. Dengan adanya E-Silola diharapkan transaski pemesanan dan persediaan obat menjadi lebih teroganisir dan terklasifikasi dengan baik,” jelas Ridwan. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved