7 Orang Penderita AIDS di Kerinci Jalani Pengobatan Gratis

Dikenal sebagai masyarakat yang kental dengan agama, ternyata tidak bisa menjadi jaminan masyarakat Kabupaten Kerinci terhindar dari virus HIV/AIDS.

7 Orang Penderita AIDS di Kerinci Jalani Pengobatan Gratis
kompas.com
Gejala yang paling umum dari infeksi HIV adalah demam, ruam dan sakit tenggorokan. Gejala lainnya adalah kelelahan, pusing, dan diare. Kondisi ini terjadi karena reaksi tubuh terhadap infeksi HIV. 

7 Orang Penderita AIDS di Kerinci Jalani Pengobatan Gratis

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Dikenal sebagai masyarakat yang kental dengan nuansa keagamaan, ternyata tidak bisa menjadi jaminan masyarakat Kabupaten Kerinci terhindar dari virus mematikan, yakni HIV/AIDS.

Diketahui ternyata ada tujuh orang penderita penyakit AIDS di Kabupaten Kerinci. Dan ketujuh penderita penyakit mematikan itu saat ini menjalani pengobatan secara gratis.

Hal itu disampaikan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kerinci, Jasman dihubungi, Kamis (28/11).

"Kalau jumlah pasti yang menderita penyakit AIDS di Kerinci belum bisa saya sebutkan. Tapi data terakhir yang sedang menjalani pengobatan ada 7 orang," akunya.

Diungkapkannya, ketujuh penderita AIDS tersebut diobati secara gratis. Dimana mereka rutin mengambil obat yang disediakan di rumah sakit.

1.000 Orang Lebih Mengidap HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Jambi Lakukan Hal Ini

Lahan Pertanian di Kota Jambi Menyempit Tergusur Perumahan, Ini yang Dilakukan Pemkot Jambi

Usai Didatangi KPK, Cek Endra Langsung Kumpulkan Seluruh Kades, Lurah dan Camat

VIDEO: 6 Makanan Ini Dipercaya Bisa Bersihkan Organ Hati Tanpa Perlu Tindakan Medis

"Mereka (penderita AIDS) diberi obat secara gratis," jelasnya.

Tingginya angka pengidap HIV/AIDS di Kerinci, disebabkan banyaknya masyarakat Kerinci yang bekerja di luar daerah. Sehingga mereka bisa terinveksi virus tersebut, dan menularkannya dengan keluarganya yang ada di Kerinci.

Terkait hal ini pihaknya gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah dan ke tengah masyarakat. Pihaknya juga menghimbau kepada warga yang sering melakukan seks bebas untuk tidak segan-segan melakukan tes darah di Dinas Kesehatan Kerinci untuk mengecek apakah sudah terjangkit HIV/AIDS.

“Jangan malu-malu untuk mengecek darahnya di Dinas Kesehatan. Kalau terjangkit, cepat kita tangani,” pungkasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved