Dukcapil Kota Jambi Buka Posko Pengaduan untuk Pendaftaran CPNS

Guna mempermudah warga yang mengalami kendala pendaftaran CPNS. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka posko pengaduan.

Dukcapil Kota Jambi Buka Posko Pengaduan untuk Pendaftaran CPNS
Instagram
CPNS 2019 

Dukcapil Kota Jambi Buka Posko Pengaduan untuk Pendaftaran CPNS

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Guna mempermudah warga yang mengalami kendala pendaftaran CPNS. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka posko pengaduan.

Kepala Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi Yatub mengatakan, posko pengaduan tersebut bukanlah hal yang baru. Melainkan sudah dilakukan pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Seperti saat CPNS Kemenkumham, pemberlakuan registrasi kartu telekomunikasi beberapa waktu lalu, juga pelaksanaan CPNS 2018.

"Masalah yang paling banyak itu NIK nya tidak tercantum atau tidak singkron, maka ini biasanya kita update dulu," kata Mulyadi, Minggu, (17/11).

Dia mengatakan proses pengaduan tersebut biasanya selesai dalam 1 kali 24 jam atau paling lama 2 kali 24 jam. "Tentu kita lihat dulu masalahnya tapi kalau soal NIK biasanya 1 kali 24 jam sudah selesai," katanya.

Rotasi Pejabat, Pemkot Jambi Peringatkan Pejabat Tak Bawa Fasilaitas Lama ke Tempat Baru

Persiapkan Guru Fasilitator Program PINTAR, Tanoto Faoundation Latih 300 Guru di Tanjab Barat

Jumlah Siswa SD Terus Menurun, Dinas Pendidikan Tanjab Timur Wacanakan Regrouping

Sebab kata dia, pihaknya harus melakukan penginputan ulang nomor NIK dan juga nomor KK agar terjadi sinkronisasi. Jika sudah diinput dan divalidasi maka sudah dapat langsung dicetak.

Mulyadi mengatakan sejak dibuka posko pengaduan, saat ini banyak warga yang datang, dan jumlahnya meningkat signifikan. Biasanya warga akan melapor jelang akhir pendaftaran.

"Biasanya itu ramai kalau sudah mau ditutup pendaftarannya, tapi kita imbau agar jika ada yang bermasalah terhadap administrasi kependudukan segera diurus. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan server pusat," katanya.

Dia menambahkan, untuk pendaftar CPNS yang belum memiliki e-KTP, dapat menggunakan Surat Keterangan (Suket) untuk syarat pendafataran. “Dapat infonya kemarin bisa pakai Suket, jadi tidak ada perlu khawatir bagi pendaftar CPNS,” ujarnya.

Sementara itu, Budi Darmawan, warga Kelurahan Telanaipura, Kota Jambi mengatakan sedang mengurus legalisir KTP. Dia mengatakan legalisir tersebut guna mengantisipasi adanya persyaratan yang dibutuhkan dalam mendaftar CPNS tahun 2018.

"Ada kawan yang ngurus jadi saya ikut sekalian, siapa tahu nanti dibutuhkan," katanya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved