Kisah Militer RI

Pasukan TNI Satu Ini Tak Cuma Sering Hadapi Musuh Nyata, Makhluk Halus Turut Jadi 'Teman' Kala Misi

Pasukan TNI Satu Ini Tak Cuma Sering Hadapi Musuh Nyata, Makhluk Halus Turut Jadi 'Teman' Kala Misi

Pasukan TNI Satu Ini Tak Cuma Sering Hadapi Musuh Nyata, Makhluk Halus Turut Jadi 'Teman' Kala Misi
Ilustrasi Pasukan Kostrad 

Pasukan TNI Satu Ini Tak Cuma Sering Hadapi Musuh Nyata, Makhluk Halus Turut Jadi 'Teman' Kala Misi

TRIBUNJAMBI.COM - Satuan TNI dari tiga matra sering diisi dengan ragam pasukan elite dengan beban dan kualifikasi berbeda-beda.

Misalkan saja Kopassus, terkenal akan aksi cepatnya menyergap musuh, satua elite lainnya seperti Kopaska dari TNI AL turut disegani lewat aksi ganas dan ide cerdiknya.

Namun untuk satuan elite satu ini, tidak cuma sering menjumpai musuh nyata, musuh dari dunia lain pun sering dijumpai dan bahkan menjadi 'teman' dalam misi.

Satuan itu adalah Komando Cadangan Strategi AD (Kostrad) TNI berkekuatan sejumlah Batalyon Raider yang memiliki kemampuan khusus perang anti-gerilya (counter guerilla).

Pasukan elite TNI AD yang dibentuk pada 22 Desember 2003 ini selain memiliki kemampuan antigerilya juga memiliki kemampuan sebagai pasukan komando dan mobil udara (mobud) menggunakan helikopter.

Kostrad, Satuan Elite TNI AD yang Ahli Buru Gerilyawan, Sampai Sering Jumpai Sosok Tak Kasat Mata

Adinda Saraswati Berteriak Army saat Lihat Kopassus dan Kostrad Datang, Operasi 130 Hari di Papua

Dicopot dari Pangkostrad oleh Habibie, Prabowo Sempat Ditawari Dubes Namun Ditolak

Sebagai pasukan elite TNI AD antigerilya jika sedang bertempur untuk memburu kelompok-kelompok gerilyawan, personel Raider memiliki ciri khas terus melakukan perburuan, menekan, dan menghancurkannya.

Oleh karena itu tidak ada kata pantang pulang dari tugas sebelum bisa menghancurkan pasukan gerilya musuh.

Dalam latihan tempur hutan atau pertempuran sesungguhnya untuk memburu kelompok gerilya lawan, pasukan raider bisa berada di dalam hutan selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk menumpas musuh.

Ilustrasi Raider Kostrad
Ilustrasi Raider Kostrad (Jejaktapak.com)

Cara bertempur pasukan Raider yang terus-menerus memburu mangsanya itu memang sangat tergantung dari pasokan logistik yang dikirimkan menggunakan helikopter dan kemampuan mencari makanan sendiri di dalam hutan.

Kadang dalam pertempuran yang sesungguhnya seperti di Aceh, Sumatra, pasukan Raider yang sedang memburu gerombolan gerilya hanya bisa makan sekedarnya selama beberapa hari karena pasokan makanan yang dikirimkan heli belum datang.

Halaman
12
Editor: ekoprasetyo
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved