Banyak Aset Pemkab Sarolangun Kurang Terurus, Begini Sindiran Emalia Sari

BPKAD Sarolangun mengakui bahwa masih kurangnya kesadaran SKPD untuk menjaga aset milik pemerintah daerah.

Banyak Aset Pemkab Sarolangun Kurang Terurus, Begini Sindiran Emalia Sari
Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari. 

Banyak Aset Pemkab Sarolangun Kurang Terurus, Begini Sindiran Emalia Sari

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN-Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sarolangun mengakui bahwa masih kurangnya kesadaran SKPD untuk menjaga aset milik pemerintah daerah.

Oleh karena itu, pihaknya menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Tata Cara Pelaksanaan Inventarisasi atau pencatatan dan pendaftaran Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2019, Rabu (30/10/2019).

Sosialisasi yang dilaksanakan ini dalam rangka tertib administrasi dan optimalisasi pengelolaan aset atau barang milik daerah guna mendapatkan data  barang yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, sesuai dengan tema yang diambil yaitu " Aset Tuntas Laporan Keuangan Valid ".

Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari didampingi Kabid Aset Idham Chalik dan Kasubid Sistem Informasi dan Penatausahaan Aset Yuwono serta diikuti oleh seluruh pengurus barang se Kabupaten Sarolangun.

5 Mobil Dinas Pimpinan Dewan Merangin Belum Dikembalikan, Sekretariat Ancam Tarik Paksa

Tranformasi Kerja ke Digital, Kepala Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Minta Pegawai Tak Gagap Teknologi

Dukung Budaya SAD Sarolangun Juarai Anugerah Pesona Indonesia 2019, Begini Caranya

Emalia Sari dalam sosialisasi itu mengakui, jika dalam inventarisasi aset ini BPKAD sudah beberapa kali menyurati SKPD, namun saat ini belum banyak SKPD yang merespon. Hal ini karena kesadaran para SKPD masih rendah terkait kepengurusan aset.

"Inventarisasi ini sangat penting karena inventarisasi barang milik daerah belum sepenuhnya dilakukan oleh pengguna barang atau Kepala OPD," katanya.

Guna mendukung kelancaran inventarisasi aset ini selain membentuk tim untuk melakukan inventarisasi juga komitmen pengguna dan pengurus barang SKPD yang terpenting.

"Kepada seluruh pengurus barang dapat serius dan menggunakan momen sosialisasi untuk menerima transfer ilmu yang disampaikan," harap Emalia Sari.

Usai pembukaan acara sosialisasi selanjutnya diisi dengan pemaparan yang disampaikan narasumber yaitu Kabid Aset Idham Chalik. Penjelasan secara detail mengenai inventarisasi barang milik daerah dengan sebaik- baiknya serta sesuai ketentuan dan aturan hukum yang berlaku. (Cwa)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved