Tak Sekadar Goes, Pertamina Bike Community Jambi Juga Peduli Sosial

Pertamina bike community (pertabike) Jambi yang sudah dari tahun 90an menggalakan bersepeda menuju tempat kerja.

Penulis: Nurlailis | Editor: Teguh Suprayitno
IST
Pertabike community Jambi. 

 Tak Sekadar Goes, Pertamina Bike Community Jambi Juga Peduli Sosial

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bersepeda menuju lokasi kerja merupakan satu diantara pilihan karena tidak sempat berolahraga. Salah satu komunitas sepeda di Jambi menggalakkan program untuk bersepeda menuju tempat kerja.

Pertamina bike community (pertabike) Jambi yang sudah dari tahun 90an menggalakan bersepeda menuju tempat kerja.

Ketua pertabike community Jambi, Marsda Meady menceritakan pada awalnya pertabike bernama bike to work (BTW) yang diketuai oleh dokter di pertamina. Ketika dokter itu pindah kegiatan BTW pun vakum.

“Saat itu di pusat telah berdiri pertabike. 2015 saya dipindahkan ke Jambi, saya menggunakan sepeda dan dilihat oleh kawan-kawan BTW. Ada berenam yang menggairahkan kembali bersepeda dari Kenali ke kantor dan dipublikasikan di email pertamina. Sejak itulah kembali ramai,” ceritanya.

Pertabike merupakan komunitas dibawah naungan pertamina yang hari kerjanya Senin hingga Jumat, sehingga hari Sabtu dan Minggu dimanfaatkan untuk bersepeda.

“Biasanya beberapa ada yang janjian untuk bersepeda di sore atau pagi hari. Sekarang juga menggalakkan untuk berangkat kerja menggunakan sepeda. Seperti saya rumah di Kenali menuju Kasang menggunakan sepeda,” ujarnya.

WIKIJAMBI - Hasilkan Rp 30 Juta Per Bulan dari Olahan Nanas, Anda Ingin Tiru Warga Tangkit Ini?

ANJASMARA Tuai Pujian Sukses Tiru Pose Duduk Silang Ala Jokowi: Begini Latihan Melenturkan Tubuh

Cara Genggam & Bersedekap Ungkap Karakter Otak Kiri - Kanan, Kamu yang Mana?

kegiatan yang dilakukan pertabike selain bersepeda bersama, adapula bersepeda dengan komunitas sepeda lain, bahkah pernah goes bersama stakeholder di Jambi. Tiap ada kegiatan olahraga sepeda di Jambi pertabike community Jambi selalu ikut berpartisipasi.

Disamping itu pertabike juga melaukan kegiatan sosial, misalnya ketika bersepeda ke area perkebunan, menemukan sekolah yang membutuhkan bantuan maka pertabike mengumpulkan donasi.

“Kalau bertemu anak-anak yang menggunakan sepeda juga melakukan sharing ilmu tentang bersepeda. Karena motto pertabike adalah sehat, gembira dan banyak teman,” ungkapnya.

Mengenai kegiatan sosial, saat terjadi kabut asap di Jambi pertabike turut membagikan masker kepada masyarakat. Pembagian masker ini dilakukan di tiga lokasi yaitu Kota Baru, Mayang dan Kambang pada 21 September. Ada sekitar 54 kotak yang dibagian kepada masyarakat Kota Jambi.

“Akibat kondisi cuaca yang buruk kami berinisiatif untuk membagikan masker. Jadi goes sambil membagikan masker. Itu kegiatan yang spontan dan tanpa perencanaan,” ujar anggota pertabike Roma Dwi Saputra.

Saat ada 80an anggota yang bergabung di pertabike community Jambi. bahkan ada anggota perempuan juga.

Selama ini anggota berasal dari karyawan atau anggota keluarga yang bekerja di pertamina. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau ada dari luar pertamina yang ingin ikut bergabung diperbolehkan.

Mengenai rute ia mengatakan sebenarnya tidak pernah ditentukan. Biasanya pilihannya main tanah atau main aspal. Pemilihan rute biasanya spontanitas karena semua anggota terkadang ada pekerjaan yang mendadak.

Dari anggota pertabike sendiri mengalami perubahan seperti bisa mengurangi kebiasaan merokok. Dari hasil yang ia cermati yang aktif menggoes ini, dari kurun 2015 belum pernah ia melihat mereka terjangkit penyakit serius, anggota pertabike tampak selalu sehat.

Hal ini adalah wujud move on tentang kesehatan diri yang akan berpengaruh kepada kinerja dari anggota pertabike itu sendiri.

Direncanakan kedepannya pertabike Jambi akan goes ke Kerinci dan beberapa waktu lalu juga baru goes ke Sabak. (nurlailis)  

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved