Jadi Tuan Rumah Kejurnas Arung Jeram ke XXII, Jambi Targetkan Juara Umum

Kejuaraan nasional arung jeram ke XXII akan digelar di Provinsi Jambi, pada 1-5 November 2019 mendatang.

Jadi Tuan Rumah Kejurnas Arung Jeram ke XXII, Jambi Targetkan Juara Umum
Tribunjambi/Zulkifli
Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Jambi, Pontas Sitanggang (kiri). 

Jadi Tuan Rumah Kejurnas Arung Jeram ke XXII, Jambi Targetkan Juara Umum

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kejuaraan nasional arung jeram ke XXII akan digelar di Provinsi Jambi, pada 1-5 November 2019 mendatang. Diperkirakan sebanyak 700 atlet arung jeram akan ambil bagian pada Kejurnas yang digelar di Sungai Batang Merangi, Desa Pulau Sangkar, Kecamatan Bukit Kerman, Kebupaten Kerinci ini.

Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Jambi, Pontas Sitanggang meyebut, ini merupakan event resmi dari kalender Pengurus Besar Federas Arung Jeram Seluruh Indonesia. Kejurnas ini akan diikuti hingga 700 peserta dari 19 Provinsi.

"Kalau kegiatan resmi dari PB Faji, ini yang pertama dilaksanakan di Jambi. Sebelumnya pernah dilaksanakan open turnamen tahun 2013," sebutnya.

Kejurnas Arung Jeram ini akan mempertandingkan 4 kelas perlombaan putra putri. Yaitu Sprin, hed to head, Slalom Rum, jarak tempuh 300 meter serta Down River race dengan jarak 10 KM. Semua tingkatan umur U 19, Junior, Open dan Master.

Dipilihanya Sungai Batang Merangin di Kerinci sebagai arena Kejurnas, selain karena wilayah hulu sungai ini dianggap layak, juga untuk memperkenalkan potensi wisata Provinsi Jambi khususnya di wilayah Kerinci.

489 Kafilah dari 13 Kecamatan Bersaing Rebut Gelar Juara di MTQ ke 49 Tanjab Barat

Fasha Marah Dana Keluarahan untuk Beli Baju Pemadam Ketua RT, Pemadaman Bukan Tugas RT

Tak Sekadar Goes, Pertamina Bike Community Jambi Juga Peduli Sosial

"Karena olah raga Arung Jeram sendiri bersentuhan lanngsung dengan pariwisata khususnya alam," sebutnya.

Ditanya mengenai persiapan acara, dijelaskan Pontas, sejauh ini persiapan sudah matang. Sebab, olah raga Arung Jeram ini berbeda dengan olah raga lain yang harus mempersiap Venue dan lain-lain.

"Kalau Arung Jeram ini, yang penting ada Sungai tinggal teknis peserta dan perlombaan dalam hal ini difasilitasi oleh PB Fasi,," jelasnya.

Bahkan, untuk fasilitas penginapan para atlet dan oficial dikatakan Vonta akan memberdayakan masyarakat setempat. Dengan menjadikan rumah-rumah warga menjadi Home stay.

"Kita swadaya, Alhamdulillah responya luar bias. Mereka kita arahkan membersihkan rumah-rumahnya dan menyediakan karpet untuk tempat tidur," sebutnya.

Hanya saja, Pontas menyayangkan hingga beberapa hari jelang pembukaan hingga saat ini belum ada respon dari Pemprov Jambi untuk mensupport kegiatan bertarap nasional ini. Padahal pihak panitia telah mengajukan surat kepada Gubernur Jambi, namun belum ada jawaban. Apalagi kejurnas ini akan dibuka oleh Asiten Deputi Bidang Prestasi Kementrian Pemuda Olah Raga Republik Indonesia.

Untuk prestasi, arung jeram Jambi sendiri sudah beberapa kali mengharumkan nama Provinsi Jambi di event-event nasional.

"Apalagi kita tuan rumah, selain kita menargetkan juara umum, kita juga berupaya menjadi tuan rumah yang baik," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved