Dishub Jambi Ambil Alih Pengelolaan Tiga Pelabuhan di Pesisir Timur

Tiga pelabuhan di wilayah pesisir timur Provinsi Jambi akan diambil alih dan dioptimalkan pengeolaanya oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Dishub Jambi Ambil Alih Pengelolaan Tiga Pelabuhan di Pesisir Timur
ist
Varial Adhi Putra kadishub Provinsi Jambi 

Dishub Jambi Ambil Alih Pengelolaan Tiga Pelabuhan di Pesisir Timur

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tiga pelabuhan di wilayah pesisir timur Provinsi Jambi akan diambil alih dan dioptimalkan pengeolaanya oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Ketiga pelabuhan Itu adalah Pelabuhan Muara Sabak, Pelabuhan Mendahara, dan Pelabuhan Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra saat diwawancarai usai menyerahkan piala penghargaan wahana Tata Nugraha Wiratama dari Kementrian Perhubungan kepada Gubernur Jambi, Kamis (10/10).

Dikatakanya, saat ini ketiga pelabuhan itu dalam proses penyerahan dari Kementrian kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. "Ini proses penyerahan sekarang dari Kementrian Ke Dinas Perhubungan" sebut Adhi Varial.

Baca: BPBD Tebo Ajukan Pencabutan Status Siaga Karhutla, Antoni: Kita Tetap Waspada

Baca: Kebakaran Lahan Terus Terjadi, Kualitas Udara di Kota Jambi Masih Berbahaya

Baca: Gandeng IAI Nusantara Batanghari Bursa Efek Indonesia Ciptakan 1000 Investor Baru

Dijelaskanya, pemindahan pengelolaan pelabuhan ini sesuai dengan UU 23 tahun 2014 bahwa kewenangan daerah memiki 17 item retribusi yang ada dari Kementerian. Selain itu Pemerintah Provinsi juga memiliki wewenang pengelolaan 12 mil wilayah laut.

"Kita meminta untuk pengelolaan jasa labuh. Dimana kapal-kapal yang bersandar dan berlabuh di wilayah perairan Provinsi Jambi, sehingga bisa menambah PAD kita," sampainya.

Untuk jenis kapal pelabuhan yang akan dikelola oleh Dishub ini adalah kapal dengan kapasitas 7-300 dead weights tonnage (DWT). "Kalau kapal ukuran 7-300 DWT itu kewenangan Provinsi, diatas itu Kementrian, sementara dibawahnya kewenangan Kabupaten," jelas Varial.

Ditambahkan Varial, untuk aktivitas bongkar muat di tiga pelabuhan tersebut saat ini masih sangat tradisional dan belum terkelola dengan baik.

"Ini menjadi tantangan kita ke depan, mengelola pelabuhan-pelabuhan ini," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved