Kopi Kiberika Tungkal Komposit Ternyata Sangat Spesial

Kopi liberika tungkal komposit merupakan satu dari tiga varian kopi yang ada di Jambi.

Kopi Kiberika Tungkal Komposit Ternyata Sangat Spesial
TRIBUNJAMBI/Dedi Nurdin
Field Trip ke Ekowisata Sukorejo di Kelurahan Mekar Jaya, kecamatan Betara, kabupaten Tanjab Barat, Kamis (3/10/2019) siang dalam rangka Hari Kopi Internasional 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kopi liberika tungkal komposit merupakan satu dari tiga varian kopi yang ada di Jambi.

Kopi liberika tungkal komposit merupakan pruduk varian baru yang perawatan hingga produksi tanpa menggunakan bahan kimia.

"Spesial karena tidak tumbuh di banyak tempat karena ini benar-benar organik di Tanjab Barat, kami memiliki tanggung jawab sosial mengembangkan ini untuk menjadi ekowisata," ujar Saipul, Government and Relation Superintendent PetroChina International Jabung Ltd.

Hal itu disampaikan Saipul kepada rombongan Field Trip Hari Kopi Internasional 2019 menyambangi ekowisata Sukorejo di Kelurahan Mekar Jaya, kecamatan Betara, kabupaten Tanjab Barat, Kamis (3/10/2019) siang.

PetroChina telah melakukan pendampingan sejak tahun 2015 lalu.

Pendampingan yang dilakukan PetroChina cukup panjang.

Mulai dari pendampingam budidaya, pasca pananen termasuk rantai pemasaran untuk pembentukan gerai UMKM untuk memasarkan produk di sini.

"Kopi liberika ini bisa kita kembangkan kearah eko wisata, kita dorong petani disini untuk mendapat benefit. Ini cukup disambut baik pemerintah setempat," ujarnya.

Hariadi, Ketua Kelompok Tani Sadar Wisata (Darwis) mengatakan pembentukan eko wisata Sukorejo di kelurahan Mekar Jaya merupakan dukungan besar dari PetroChina.

Setidaknya ada sembilan kelompok tani yang dilibatkan dengan sembilan rangkaian wisata yang bisa dinikmati di kawasan Ekowisata tersebut.

Mulai dari wisata kanal, bonsai, spot pembibitan kopi, roasting kopi, galeri lukisan hingga gerai umkm tersaji di Kelurahan Mekar Jaya.

"Target kita di tahun 2020 sudah bisa dibuka secara umum. Ada banyak dukungan termasuk pemerintah daerah juga dan melihat antusias warga yang datang hari ini luarbiasa, semua bisa terjawab tentang kopi liberika yang membuat penasaran," pungkasnya. (Tribun Jambi/Dedi Nurdin)

Berita Menarik Lainnya Terkait International Coffee Day 2019:

Baca: Field Trip International Coffee Day 2019, Peserta Kunjungi Ekowisata Kopi Liberika Tungkal

Baca: GALERI FOTO Rekor Muri di Jambi Seduh Kopi Terbanyak dari Tiga Jenis Kopi saat ICD 2019

Baca: Bayu Martanto: Dari Jambi untuk Dunia, sudah 100 Orang Petani Kopi Dampingan BI

Baca: Ada Ular di Arena Festival Kopi Internasional di Jambi

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved