Berita Jambi

Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas

Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas

Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas
Antara Riau
Ilustrasi koperasi. Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas

Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jumlah koperasi yang terdaftar di Dinas UKM dan Koperasi Kota Jambi saat ini sebanyak 674. Namun, yang aktif hanya 218 koperasi. Sisanya dibubarkan, karena pasifnya partisipasi anggota. 

Kabid Koperasi Dinas UKM dan Koperasi Kota Jambi, Yuda mengatakan, saat ini pemerintah tidak mengejar kuantitas, namun lebih mementingkan kualitas koperasi. Sehingga, bubarnya ratusan koperasi tersebut tidak memperburuk keadaan. 

“Justru baik, sehingga tidak memenuhi data. Karena kita lebih mementingkan SDM anggota,” katanya.

Baca: Hari Koperasi, Pelaku Usaha di Kota Jambi Siap Jawab Tantangan Industri 4.0

Baca: Rutin Konsumsi Belimbing Wuluh, 7 Manfaat Ini Dirasakan, Mulai Obati Flu hingga Hilangkan Jerawat

Baca: Kerjsama dengan Pertamina, Lapas Perempuan Klas II B Muarojambi Raih Predikat Produktif

Lanjutnya, koperasi harus berkualitas mengikuti perkembangan zaman. Seperti, menguasai teknologi, anggotanya banyak dan selalu melakukan Rapat Agenda Tahunan (RAT). Sejauh ini, koperasi yang masih aktif memiliki sisa hasil usaha (SHU) Rp 2,8 miliar. 

“Jadi kita tidak mementingkan pertumbuhan koperasi, melaikan kualitasnya. Koperasi yang aktif saat ini memiliki sebanyak 1.900 anggota,” kata dia.

Maju tidaknya suatu koperasi, kata dia tergantung dari partisipasi anggota, baik dalam permodalan maupun usaha. Pihaknya pun telah melakukan bimbingan peningkatan SDM anggota koperasi.

 “Partisipasi ada dalam bentuk permodalan, seperti simpanan wajib dan simpanan pokok. Dalam bentuk usaha, seperti meminjam di koperasi dan memasarkan di koperasi. Itu harus diaktifkan. Kami juga membimbing dengan melakukan pelatihan, agar pengurus mendapat sertifikasi, itu salah satu cara agar koperasi menjadi berkualitas,” jelasnya.

Baca: 92 Kasus Kekerasan & Pelecehan Seksual Sepanjang 2019, Bahkan 5 Kasus Dilakukan Ayah Kandung

Baca: SOSOK Insana Abdul Adjid Istri Ilham Habibie, Ternyata Bukan Wanita Sembarangan, Lihat Penampilannya

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Jambi Menguat, Ke depannya Diperkirakan Berkisaran 4,70 - 5,10 Persen

Sementara itu, koperasi bodong tak luput dari pengawasan pihaknya. Dinas UKM dan Koperasi bekerja sama dengan OJK dalam hal sosialisasi dan pencegahan.

“Koperasi yang terdaftar badan hukumnya di Dinas Koperasi dan UKM akan kita awasi apakah sudah menjalankan prinsip yang semestinya atau tidak. Namun kalau yang tidak terdaftar badan hukumnya di kita, itu bukan wewenang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala OJK Jambi, Endang Nuryadin mengatakan ada Satgas Waspada Investasi yang dapat bertindak untuk mengatasi laporan masyarakat yang merasa dirugikan oleh koperasi bodong.

Anggota Satgas Waspada Investasi beranggotakan, OJK Provinsi Jambi, Polda Jambi, Kejaksaan Tinggi Jambi, Kemenag Provinsi Jambi, Bank Indonesia perwakilan Jambi, Disperindag Provinsi Jambi, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi, Diskominfo dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah.

“Koordinasi kita terhadap koperasi lebih ke masyarakatnya, jadi kita lakukan upaya preventif dan sosialisasi agar masyarakat tidak terjerat oleh rentenir yang mengatasnamakan koperasi (koperasi bodong, red)," ujarnya.

"Untuk masyarakat yang merasa dirugikan oleh koperasi bodong, dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib atau OJK selaku ketua Satgas Waspada Investasi, nantinya akan kita fasilitasi kepada pihak berwajib,” pungkasnya.

Ratusan Koperasi di Kota Jambi Dibubarkan, Pemkot Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas (Rohmayana/Tribunjambi.com)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved