Kerjsama dengan Pertamina, Lapas Perempuan Klas II B Muarojambi Raih Predikat Produktif

Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi ditetapkan sebagai lapas produktif. Hal ini disampaikan

Kerjsama dengan Pertamina, Lapas Perempuan Klas II B Muarojambi Raih Predikat Produktif
Tribunjambi/Samsul Bahri
Bupati Masnah menyambut baik hasil kerajinan yang dibuat oleh penghuni lapas. Ia berharap kerajinan yang dibuat bisa jadi peluang bisnis. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi ditetapkan sebagai lapas produktif.

Hal ini disampaikan Kepala Lapas Kelas II Perempuan Kabupaten Muarojambi, Susana Tri Agustin.

Ia menyebutkan, penyematan lapas produktif ini dikarenakan Lapas Perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi memiliki kegiatan-kegiatan yang menghasilkan.

Kegiatan produksi ini merupakan kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh PT Pertamina, satu diantaranya kegiatan membatik yang dilakukan oleh penghuni lapas.

"Ditetapkan sebagai lapas produktif karena kegiatan kita yang kita laporkan. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dan pantas untuk diproduksi. Ada yang membatik tulis juga, ada yang bertani, ada juga yang buat kerupuk dari nasi," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk pembuatan batik tulis tersebut secara keseluruhan merupakan dari CSR Pertamina. Sementara untuk pengerajin dilakukan oleh penghuni Lapas yang berada di Lapas perempuan kelas II B.

"Kita produksi tergantung bahan yang ada. Ini kan memang waktu dari lapas yang di Sungai Buluh sudah dibina, saat ini ya hanya tinggal menjalankannya saja. Saat ini pemasaran kita ya melalui Pertamina," sebutnya.

Saat ini para pengerajin tengah belajar untuk menghasilkan batik dengan ciri khas motif asal Kabupaten Muarojambi.

Adapun motif asli Kabupaten Muarojambi yaitu Nanas. Sementara untuk ruang kegiatan, Susana menyebutkan bahwa ada ruang Aula yang di gunakan untuk berbagai kegiatan.

"Ruang aula yang kita manfaatkan untuk berbagai kegiatan, termasuk membatik tulis. Harapan kita tentu kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap penghuni lapas, apalagi nantinya mereka sudah keluar dari lapas ini," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved