Penanganan Karhutla

Karhutla di Sungai Aur Dapat Dikendalikan, Sedang dalam Tahap Pendinginan

Setelah hampir dua pekan terakhir api melahap hutan dan lahan di wilayah Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi

Karhutla di Sungai Aur Dapat Dikendalikan, Sedang dalam Tahap Pendinginan
TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Asap masih terlihat mengepul di lahan di wilayah Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh. Setelah dua pekan terbakar, lokasi ini sekarang dalam tahap pendinginan, guna menghindari munculnya kembali ke titik api. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Setelah hampir dua pekan terakhir api melahap hutan dan lahan di wilayah Desa Sungai Aur, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi akhirnya dapat dikendalikan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi.

Ia menyebutkan, kebakaran yang terjadi sejak dua pekan lalu telah berhasil dikendalikan oleh tim pemadam karhutla Kabupaten Muarojambi pada hari ini, Jumat (13/9). Disebutkan oleh M Zakir bahwa kebakaran tersebut terjadi di lahan yang merupakan kategori lahan gambut yang cukup sulit untuk dikendalikan.

"Alhamdulillah hari ini di wilayah kebakaran Desa Sungai Aur dapat kita atasi, tim kita sudah berupaya keras untuk mengendalikan api. Hari ini sudah bisa dikendalikan," ujarnya Jumat (13/9).

Sebelumnya, Senin lalu kebakaran hutan dan lahan terhadi di wilayah Desa Sungai Aur yang sempat mengeluarkan asap tebal hingga membumbung tinggi ke udara. Akibat kebakaran ini setidaknya untuk wilayah Muarojambi menyebabkan kabut asap cukup pekat.

Lebih lanjut disampaikan M Zakir saat ini anggotanya yang dibantu oleh TNI, Polri, Manggala Agni, dan masyarakat masih berada di lokasi kebakaran untuk melakukan upaya pendiginan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran terlebih dengan kondisi lahan gambut yang dimungkinkan masih ada titik api di dalamnya.

"Makanya kita lakukan upaya pendinginan supaya api-api kecil yang ada di bawah tanah tadi padam. Anggota kita tetap standby di sana, kita ketahui kalau sore hari anginkan kencang, jadi mereka tetap standby,"terangnya.

Ditambahkan M Zakir, pihaknya juga kembali menyiapkan tiga alat mesin pompa air untuk dibawa ke lokasi kebakaran lainnya. Ia menyebutkan masih ada titik kebakaran di wilayah lainnya di Kecamatan Kumpeh.

"Kumpeh Ulu dan Kumpeh Ilir masih ada lahan yang terbakar. Ini kita turunkan tiga mesin pompa air untuk kita kendalikan," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved