Penghuni Lapas Perempuan Didominasi Kasus Narkoba

Lebih 50 persen penghuni lapas perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi dihuni oleh Napi dengan kasus narkoba. Hal ini diungkapkan

Penghuni Lapas Perempuan Didominasi Kasus Narkoba
Tribunjambi/Samsul Bahri
Kapasitas Lapas Perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi sudah overload. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Lebih 50 persen penghuni lapas perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi dihuni oleh Napi dengan kasus narkoba. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Kabupaten Muarojambi, Susana Tri Agustin.

Rata-rata napi yang masuk dalam Lapas merupakan perempuan dengan usia-usia produktif. Dengan banyaknya napi yang berkasus Narkoba membuat kamar untuk penghuni khusus narkoba over kapasitas.

"Lebih dari 100 orang itu kasus narkoba, jadi emang didominasi kasus narkoba, untuk kriminal masih kurang. Untuk kamar itu kan kita bagi-bagi perkasus, nah yang narkoba ini ada satu kamar di isi dengan 19 orang," ujarnya.

Sementara dikatakan Susana untuk satu kamar seharusnya diisi maksimal sebanyak 10 orang. Saat ditanya lebih lanjut bagaimana nantinya jika masih ada napi perempuan yang akan dititipkan di Lapas Perempuan, Susana menyebutkan bahwa pihaknya tetap akan menerima.

"Pada prinsipnya ya kita hanya menerima, jadi tetap kita terima. Kemudian untuk kebijakan dan masalah pembangunan itu ke pimpinan. Tapi tetap kita lapor ke Kanwil,"sebutnya.

Dari segi pengamanan, disampaikan oleh Susana bahwa pihaknya tetap melakukan pengamanan. Terlebih lagi pengamanan ketika ada orang yang masuk dan keluar lapas yang dilakukan oleh pihaknya.

"Jadi ketika masuk itu ada dilakukan pemeriksaan, termasuk barang bawaannya juga. Pada saat diperiksa harapannya kan semua diminimalisir," ucapnya.

Untuk pengamanan di kamar penghuni lapas juga turut dilakukan pemeriksaan. Juga disebutkan susunan kamar dibuat sedemikian rupa sehingga mudah untuk memantau aktivitas penghuni.

"Kamar lapas juga kebetulan memang kita desain dengan pengawasan yang mudah. Jadi memang mereka mau ngapain itu kelihatan. Kita juga ada lakukan pengeledahan di kamar penghuni," terangnya.

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved