BPS Beberkan Penyebab Deflasi di Kota Jambi dan Muara Bungo

Bulan Agustus 2019 Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,84 persen dan Kota Muara Bungo deflasi sebesar 0,13 persen.

BPS Beberkan Penyebab Deflasi di Kota Jambi dan Muara Bungo
Tribunjambi/Fitri Amalia
Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. 

BPS Beberkan Penyebab Deflasi di Kota Jambi dan Muara Bungo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bulan Agustus 2019 Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,84 persen dan Kota Muara Bungo deflasi sebesar 0,13 persen. Hal ini disampaikan oleh Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi saat rilis di Kantor BPS Provinsi Jambi, Senin (2/9).

"Laju inflasi tahun kalender Agustus 2019 Kota Jambi sebesar 1,17 persen dan Kota Muara Bungo 3,57 persen, Deflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada dua kelompok pengeluaran yakni kelompok bahan makanan sebesar 3,42 persen serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,83 persen," jelasnya.

Deflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,80 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,04 persen, serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,28 persen.

Baca: Fachrori Mengaku Dijahilin Agar Tak Punya Wakil Gubernur

Baca: Lima Konsesi Perusahaan di Kabupaten Muarojambi Jadi Jalur Tol Jambi-Rengat

Baca: Jembatan Batanghari III akan Dibangun di Muarojambi, Terkoneksi dengan Jalan Tol

Baca: Tiga Kontraktor Diperiksa Kejati Terkait Korupsi Auditorium IAIN STS Jambi

Baca: Dua Terdakwa Korupsi Embung Sungai Abang akan Sampaikan Pembelaannya Besok

Dalam pembentukan deflasi Kota Jambi sebesar 0,84 persen, andil terbesar dari kelompok bahan makanan sebesar -0,8137 persen, disusul kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar -0,0012 persen, serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -0,1493 persen.

Sedangkan dalam pembentukan deflasi Kota Muara Bungo sebesar 0,13 persen, andil terbesar adalah dari kelompok bahan makanan sebesar -0,2113 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar -0,0093 dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -0,0399 persen.

"Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Jambi BulanAgustus 2019 antara lain adalah daging ayam ras, angkutan udara, bawang merah, nila, kangkung, bayam, tomat buah, tomat sayur, udang basah, dan apel, sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Muara Bungo adalah daging ayam ras, bawang merah, cabai rawit, angkutan udara, tomat buah, ketimun, bawang putih, daun singkong, terong panjang, dan minyak goreng," bebernya.

Dadang menambahkan, laju inflasi Kota Jambi tahun kalender 2019 sebesar 1,17 persen dan besarnya laju inflasi “year on year” untuk Agustus 2019 terhadap Agustus 2018 diangka 2,67 persen.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved