Peneliti Ungkap Situs Perahu Kuno Menghadap Utara, Temukan Ini yang Diduga Bagian Depan Perahu

Bagian utara situs perahu kuno selesai dilakukan penelitian dan tahap pengurukan, diduga bagian tersebut merupakan bagian depan kapal.

Peneliti Ungkap Situs Perahu Kuno Menghadap Utara, Temukan Ini yang Diduga Bagian Depan Perahu
Tribunjambi/Abdulah Usman
Para arkeolog UI dan BPCB Jambi melakukan ekskavasi situs perahu kuno di Tanjab Timur. 

Peneliti Ungkap Situs Perahu Kuno Menghadap Utara, Temukan Ini yang Diduga Bagian Depan Perahu

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Bagian utara situs perahu kuno selesai dilakukan penelitian dan tahap pengurukan, diduga bagian tersebut merupakan bagian depan kapal.

Setelah melakukan penelitian hampir satu bulan lamanya, tim peneliti arkeolog UI dan BPCB Jambi berhasil mengumpulkan beberapa temuan sejarah yang tersembunyi dari perahu kuno tersebut.

Kepada Tribunjambi.com, anggota penelitian UI Muhammad Fais mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah selesai melakukan penelitian pada bagian utara kapal yang dari hasil penelitian sementara kuat dugaan bagian tersebut merupakan bagian depan kapal.

"Meski belum bisa dipastikan namun kuat dugaan pada sisi utara tadi merupakan bagian depan kapal. Dilihat dari bentuk sisi kanan dan kiri kapal yang mengarah mengerucut ke depan," jelasnya.

Baca: Proses Ekskavasi Situs Perahu Kuno Sudah 60 persen, Ini yang Ditemukan Para Arkeolog

Baca: Mobil Anggota Dewan Dihias Bak Mobil Pengantin, Begini Reaksi Warga Merangin

Baca: Salma Mahir Menangis dan Minta Maaf Saat 35 Anggota DPRD Muarojambi Dilantik

Baca: Satu Anggota DPRD Sarolangun Terpilih Tak Dilantik, Ini Penyebabnya

Baca: Paripurna Ribut, Pelantikan DPRD Sarolangun Nyaris Batal

Meski sudah selesai dilakukan penelitian pada bagian tersebut, namun pihaknya belum dapat memastikan itu merupakan bagian depan kapal atau bukan. Mengingat setelah digali dan teliti tim tidak menemukan bagian lunas kapal.

"Nah yang masih ragu itu karena kita tidak menemukan lunas pada bagian ujungnya. Seharusnya setiap kapal kayu pasti memiliki lunas. Untuk itu kita masih akan melakukan penelitian lebih lanjut pada bagian selatan apakah memiliki bentuk yang sama atau beda," jelasnya.

"Untuk itu kita belum bisa memastikan temuan kita tadi apakah bagian depan kapal atau bukan, hanya sebatas dugaan," teganya.

Proses selanjutnya melakukan penggalian lebih dalam dan pengukuran pada bagian lain yang sudah ditemukan. Dimana bagian sisi selatan terdapat susunan papan yang terpisah dari bagian badan kapal. Itu yang menjadi fokus pada tahapan kali ini akan dilakukan kajian lebih lanjut.

Selain temuan perahu kuno ini, tim juga mendapatkan informasi temuan serpihan bagian diduga kapal kuno dilihat dari bagian papan kapal yang dirangkai menggunakan teknik kuno.

"Namun jika dilihat sekilas temuan serpihan kapal di Kota Harapan tersebut lebih modern dari temuan yang di lambur ini. Karena temuan serpihan di kota harapan sudah menggunakan pasak dan sudah menggunakan tarahan," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved