Tips Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat, Lakukan Beberapa Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit

Ginjal sangat penting bagi tubuh. Organ ekskresi yang mengeluarkan urin ini berfungsi menghilangkan kelebihan air dari tubuh atau sisa metabolisme.

Tips Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat, Lakukan Beberapa Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit
ilustrasi ginjal 

Tips Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat, Lakukan Beberapa Hal Ini agar Terhindar dari Penyakit

TRIBUNJAMBI.COM - Ginjal sangat penting bagi tubuh. Organ ekskresi yang mengeluarkan urin ini berfungsi menghilangkan kelebihan air dari tubuh atau sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.

Apabila fungsi ginjal terganggu, akan menganggu kelangsungan hidup. Cairan akan menumpuk ditubuh sehingga menyebabkan pembengkakan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Ikuti langkah berikut menjaga ginjal agar tetap sehat oleh Dokter Denny Moniaga SpPD Spesialis Penyakit Dalam, yang bekerja di Rumah Sakit Siloam, Pangkalpinang. Rabu,(21/8/2019).

Baca: Rusdi Kirana Mundur Dari PKB, Deretan Fakta Founder Lion Air yang Kini Menjadi Dubes RI di Malaysia

Baca: Shakira Aurum Langsung Diam, Kondisi setelah Setahun Dirawat di Singapura, Pegang Tangan Denada

1. Banyak mengkonsumsi air putih. 

Tubuh kita memerlukan air putih yang banyak. Konsumsi air putih yang normal sebanyak 2 liter, apabila banyak tidak masalah sebab ginjal akan membuang cairan yang tidak diperlukan. Jika mengkonsumsi terlalu sedikit Anda dapat mengalami dehidrasi, dan fungsi ginjal menjadi kurang baik.

2. Jangan menahan buang air kecil

Apabila Anda ingin buang air kecil segera lakukan lah, sebab apabila Anda menahan buang air kencing terlalu lama akan mengakibatkan gangguan pada ginjal karena jarang kencing akan meninbulkan infeksi saluran kencing, dan bahkan nanti akan membentuk batu ginjal.

3. Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman soda

Minuman soda dapat mengakibatkan kerusakan organ ginjal dan bahkan penyakit ginjal yang sangat kronik. Urin orang yang sering mengkonsumsi minuman soda biasanya mengandung protein yang tinggi sehingga hal ini menandakan adanya kerusakan ginjal.

Halaman
12
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved