Bekraf Dukung Penuh Barista Indonesia dengan Sertifikasi Profesi

Tahun ini Jambi menjadi kota kesepuluh penyelenggaraan Sertifikasi Profesi Barista setelah Jayapura, Bali, Jakarta, Singkawang, Solo, Semarang.

Bekraf Dukung Penuh Barista Indonesia dengan Sertifikasi Profesi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi mendukung penuh barista indonesia melalui sertifikasi profesi yang diadakan di berbagai daerah.

Tahun ini Jambi menjadi kota kesepuluh penyelenggaraan Sertifikasi Profesi Barista setelah Jayapura, Bali, Jakarta, Singkawang, Solo, Semarang, dan Tanggerang. Acara ini dilaksanakan pada 14-15 Agustus 2019 di Aston Jambi Hotel dan Conference Center, Jambi.

Fasilitas Sertifikasi Profesi Barista kali ini merupakan kerjasama antara Bekraf dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih kondusif bagi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya penggiat kopi di Indonesia. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman bahwa sertifikasi kompetensi sangat penting dalam meningkatkan daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Paling tidak, dalam 5 tahun ke depan, kita butuh 1 juta tenaga kerja dan pelaku bidang ekonomi kreatif yang bersertifikat standar nasional hingga internasional. Oleh karena itu, fasilitas sertifikasi profesi ini tidak hanya meningkatkan kapasitas individual, melainkan juga posisi tawar dan daya saing di dunia industri ekonomi kreatif," kata Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Bekraf.

Baca: Bupati Kerinci Terbang ke Jakarta demi Acara Tour de Singkarak

Baca: 9 Rumah Dekat Pasar Sayur Tebing Tinggi Terbakar, Polisi Masih Selidiki Penyebabnya

Baca: Stroke dan Jantung Serang Usia Muda, Maulana Beri Tips Tetap Sehat, Kurangi Sampah Plastik dan Rokok

Baca: KSOP Kuala Tungkal Sertifikasi 112 Kapal Nelayan 7 GT

Baca: Kebakaran Lahan di Pasar Baru Batanghari Terus Meluas, Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

Dalam kegiatan ini, para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi seperti menyiapkan dan menghidangkan minuman non-alkohol, mengelola bahan baku, mengoperasikan peralatan, menangani pelanggan, berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar, bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, dan keselamatan kerja. Tahap selanjutnya adalah penilaian oleh tim asesor dari LSP kopi Indonesia. Kegiatan Sertifikasi Profesi Barista dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Ari Juliano Gema, Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standarisasi Bekraf Sabartua Tampubolon , dan Ketua LSP Kopi Indonesia Edy Panggabean.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved