Breaking News:

Berita Bungo

Bisa Buat Tanaman Pangan Tumbuh Kerdil, Dampak Bahayanya PETI, Ternyata Begini Akibatnya

Bisa Buat Tanaman Pangan Tumbuh Kerdil, Dampak Bahayanya PETI, Ternyata Begini Akibatnya

Tribunjambi/Mareza
Bisa Buat Tanaman Pangan Tumbuh Kerdil, Dampak Bahayanya PETI, Ternyata Begini Akibatnya. Peralatan PETI yang dibakar beberapa waktu lalu di daerah Rantau Pandan, Bungo 

Bisa Buat Tanaman Pangan Tumbuh Kerdil, Dampak Bahayanya PETI, Ternyata Begini Akibatnya

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Masih maraknya penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Bungo, ternyata dapat berdampak buruk bagi tanaman pangan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi, melalui Kabid Tanaman Pangan, Abdul Majid mengatakan, hal itu dikarenakan limbah yang diakibatkan PETI dapat merusak unsur hara pada tanah.

Baca: PETI Masih Beroperasi di Sarolangun, Pelaku Diduga Punya Senpi

Baca: Kirab Bendera Merah Putih Terpanjang, 1000 Meter di Bungo Provinsi Jambi Ribuan Masyarakat Antusias

Baca: Dampak Kemarau Sumur Mengering, Warga Desa Penerokan di Jambi Kesulitan Air Bersih

"Dompeng (PETI, red) itu jelas berpengaruh terhadap tanaman, karena unsur hara dalam tanah itu habis. Dampaknya buruk. Bisa akibat dari limbah dompeng, atau mungkin juga karena unsur dalam tanah itu sudah dikeruk semua," katanya.

Dia mencontohkan, seperti yang terjadi pada padi atau jagung. Secara kasat mata, yang paling tampak adalah tumbuhan itu tumbuh kerdil.

"Yang paling tampak itu, kerdil tumbuhnya. Kalau kayak jagung, itu kerdil, terus buahnya kurang bagus. Padi kayak itu juga," jelasnya.

Baca: Download Lagu MP3 DJ Remix Terbaru Non Stop Full Bas, Dj Nanda Lia, DJ Slow, DJ Opus Gudang Lagu MP3

Baca: Download Lagu MP3 Nella Kharisma Terbaru, Pamer Bojo (Cendol Dawet), Full Album Dangdut Koplo

Baca: Penyebab Mati Listrik Hari ini Minggu 4 Agustus 2019 di Jakarta, Lihat Dampak dan Akibat Mati Lampu

Saat ditanya kandungan apa yang memengaruhi pertumbuhan tersebut, dia mengaku tidak tahu pasti. Sebab, belum ada penelitian lanjutan yang mereka fokuskan ke sana.

"Kurang tahu kami, apa kandungannya. Apa itu merkuri atau apa, belum ada penelitian sampai ke sana. Sejauh ini fokus kami ke penanaman hingga panen," katanya.

Di Kabupaten Bungo, kata dia, kondisi ini diperparah dengan adanya aktivitas PETI di hulu sungai. Akibatnya, hingga hilir, pertumbuhan tanaman pangan itu dapat terganggu.

Untuk itu dia berharap, agar aktivitas PETI di Kabupaten Bungo dapat segera dihentikan. Pasalnya, hasil panen tanaman pangan tersebut, sebagian besar juga dikonsumsi masyarakat Kabupaten Bungo.

Bisa Buat Tanaman Pangan Tumbuh Kerdil, Dampak Bahayanya PETI, Ternyata Begini Akibatnya (Mareza Sutan A J/Tribun Jambi)

Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved