2021, Dinas Kesehatan Targetkan Semua Puskesmas di Jambi Terakreditasi

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menargetkan seluruh Puskesmas terakreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tahun 2021.

2021, Dinas Kesehatan Targetkan Semua Puskesmas di Jambi Terakreditasi
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim. 

2021, Dinas Kesehatan Targetkan Semua Puskesmas di Jambi Terakreditasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menargetkan seluruh Puskesmas terakreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tahun 2021. Ini dilakukan untuk mepermudah akses masyarakat dalam berobat terlebih dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim kepada Tribunjambi.com. Dia mengatakan, dari 204 puskesmas yang ada di Provinsi Jambi, yang sudah terakreditasi saat ini mencapai lebih dari 100 puskesmas.

"Tahun ini tinggal beberapa (puluh) lagi dan bahkan saat ini malah banyak yang sudah melakukan akreditasi ulang, untuk dimana sajanya saya lupa," tuturnya tanpa menyebutkan secara rinci jumlah puskesmas yang melakukan akreditasi ulang itu.

Samsiran menyampaikan akreditasi puskesmas merupakan metode untuk menilai puskesmas sesuai standar atau tidak, yakni bangunan serta SDM secara kuantitas maupun kualitas.

Baca: Kenalkan Brand Fashion, Transmart Jambi Gelar Fashion Show di Rumah Kincir

Baca: Kekuatan Gempa di Australia, Terasa ke Indonesia, Warga Bima Berhamburan

Baca: Grace Natalie Sebut PSI Siap Pasok Kader Untuk Anggota Kabinet Jokowi-Amin, Banyak Stoknya

Baca: Program 1.000 Burung, 60 Anak di Kota Jambi Ikut Sunat Massal

Baca: Dua Pemain PETI di Sarolangun Ditangkap, Polisi Selidiki Siapa Sang Dalang

"Sejumlah aspek menjadi penilaian sesuai standar atau tidak, baik fasilitas puskesmas serta SDM apakah dilayani dokter umum, gigi, tenaga analis, apoteker semua dinilai melakukan fungsi sesuai standar atau tidak," katanya.

Samsiran berharap tahun 2021 seluruh puskesmas di Provinsi Jambi melakukan akreditasi. Jika tidak, maka akan sulit bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Karena menurutnya, salah satu syarat kerjasama itu dengan adanya bukti akreditasi.

"Kita optimis untuk upayakan sebelum 2021, semua terakreditasi," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved